Indonesia Tuan Rumah Kegiatan COP-4 Konvensi Minamata 2021

Tuesday, 07 January 20 Bonita Ningsih
bndcc

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah acara The Fourth Meeting of the Conference of Parties (COP-4) Konvensi Minamata atas Merkuri tahun 2021. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah saat penyelenggaraan COP-3 Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, pada 25 November 2019 lalu.

Konvensi Minamata merupakan perjanjian internasional untuk mengontrol dan mengurangi penggunaan merkuri yang berlaku sejak tahun 2017 dan telah diratifikasi oleh 114 negara, termasuk Indonesia. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah COP-4 Konvensi Minamata 2021 menjadi momentum terbaik bagi Indonesia untuk memainkan peran sentral dalam diplomasi lingkungan hidup.

Acara yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) ini akan diselenggarakan selama lima hari pada 31 Oktober hingga 5 November 2021. Dalam pelaksanaannya, KLHK secara resmi telah menunjuk Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) sebagai tempat penyelenggaraan acara ini.

BNDCC memiliki rekam jejak yang kompeten dalam penyelenggaraan konferensi tingkat dunia sehingga tepat jika dipilih sebagai venue penyelenggaraan. Mendatang, BNDCC juga akan berkomitmen untuk menjadi venue acara-acara internasional, seperti The 5th World Cocoa Conference 2020, 29th Annual Conference Asian Pacific Association for the Study of the Liver 2020, dan Food Hotel Tourism Expo 2020.

Acara ini akan menghadirkan 1.500 delegasi dari berbagai negara yang memiliki komitmen di bidang lingkungan hidup. Kehadiran delegasi tersebut perlu dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan di Indonesia untuk meningkatkan dukungan internasional terhadap kebijakan nasional pengurangan merkuri.

Yasinta Hartawan, General Manager BNDCC, mengaku bangga karena KLHK telah memilih BNDCC sebagai venue acara COP-4 Konvensi Minamata atas Merkuri tahun 2021. Pihaknya akan menyambut para delegasi dan peserta acara dengan memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik yang dimiliki BNDCC.

“Ini menjadi suatu kehormatan bagi kami karena telah dipercaya untuk menjadi tempat penyelenggaraan acara bergengsi ini. Rasa syukur dan terima kasih kami ucapkan kepada KLHK karena sudah memercayakan kami dari BNDCC,” kata Yasinta.

BNDCC adalah fasilitas MICE yang terintegrasi dan berlokasi di kawasan terpadu Nusa Dua. BNDCC memiliki infrastruktur pariwisata terbaik dengan hotel bintang 4 dan 5 yang memiliki lebih dari 7.500 kamar, lapangan golf dan country club, teater, rumah sakit, pusat perbelanjaan, kafe, dan restoran dengan pantai pasir putih yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

BNDCC dibangun di atas lahan 70.000 meter persegi yang bangunannya terinspirasi dari seni budaya arsitektur Bali. BNDCC memiliki 44 ruangan multifungsi yang dapat menampung lebih dari 10.000 orang.