Indonesia Berhasil Tempatkan Dua Orang Sebagai Pengurus AFECA

Sunday, 22 November 20 Harry Purnama

Asian Federation of Exhibition and Convention Associations (AFECA) telah memilih Dato’ Vincent Lim dari Malaysian Association of Convention and Exhibition Organisers and Suppliers (MACEOS) sebagai presiden terbarunya.

Dalam sambutannya, Dato’ Lim mengatakan, “Sebagai anggota AFECA selama enam tahun terakhir, saya sangat menghargai pertemanan, pengalaman, dan kesempatan yang diberikan oleh AFECA kepada saya. Hari ini, saya merasa terhormat telah terpilih sebagai presiden periode 2020-2022. Terima kasih kepada seluruh anggota yang telah percaya kepada saya.”

“Untuk melayani asosiasi sebesar AFECA tidaklah mudah. Ketua sebelum saya, yaitu Walter Yeh, telah memberikan pencapaian luar biasa, dan saya berharap bisa mempertahankan hal tersebut,” ujar Lim.

Dato’ Lim terpilih menjadi ketua pada 15th AFECA Annual General Meeting yang diselenggarakan secara virtual. Di kesempatan yang sama, dipilihlah juga pengurus-pengurus baru untuk periode dua tahun ke depan.

Dari Indonesia sendiri diwakili oleh dua orang sebagai pengurus AFECA 2020-2022, yaitu Daswar Marpaung dari Dyandra Media Internasional dan Muhammad Reza Abdullah dari Royalindo Convention International.

AFECA merupakan satu dari empat asosiasi MICE internasional, selain UFI, IAEE dan ICCA. Dimulai dengan enam organisasi pendiri pada 2005, AFECA telah berkembang dengan anggota lebih dari 150 organisasi dari 17 negara di Asia Pasifik, antara lain Australia, Bahrain, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Macau, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

AFECA merupakan satu-satunya asosiasi internasional berskala dunia dari Asia. AFECA sendiri membawahi 37 asosiasi MICE nasional, antara lain Singapore Association of Convention and Exhibition Organizers and Suppliers (SACEOS), Indian Exhibition Industry Association (IEIA), Indonesian Congress and Convention Association (INCCA), Malaysian Association of Convention and Exhibition Organizers and Suppliers (MACEOS). Inc. (PACEOS), Taiwan Convention and Exhibition Association (TCEA), Taiwan Exhibition & Convention Association (TECA), Japan Exhibition Association (JEXA), Japan Management Association (JMA), Nippon Display Federation (NDF), Shanghai Convention & Exhibition Industries Association (SCEIA), dan Thailand Exhibition Association (TEA). Apabila digabungkan, semua anggota AFECA menaungi lebih dari 11.000 perusahaan MICE.