IVENDO Gagas Sertifikasi EO Hijau untuk Mewujudkan Penyelenggaraan Acara Ramah Lingkungan

Tuesday, 02 April 24 Khanisa Azahra

Industri pariwisata global tengah mengalami pergeseran menuju konsep berkelanjutan (sustainable), sebuah tren yang tidak bisa diabaikan oleh para pelaku bisnis di Indonesia, termasuk industri event.

Merespons perkembangan tersebut, Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) dan Indonesia Professional Organizer Society (IPOS) berkomitmen untuk mempraktikkan penyelenggaraan acara (event) yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Inisiatif ini akan diperkenalkan melalui pameran IPOS Volume 9 yang akan digelar pada 6-8 Mei 2024 di Discovery Convention Center Ancol, Jakarta.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum DPP IVENDO, mengungkapkan bahwa proses memilih dan memilah serta memprioritaskan produk yang berorientasi ramah lingkungan membutuhkan kapasitas dan kapabilitas tertentu. Oleh karena itu, IVENDO berencana untuk memperkenalkan program EO-HIJAU (Event Organizer Hijau). Program ini merupakan label pengakuan bersertifikasi yang diberikan kepada perusahaan acara yang telah teruji secara konsisten menerapkan penyelenggaraan acara yang berorientasi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

BACA JUGA:   Area Pamer GIIAS Kian Luas

Melalui upaya kolektif ini, khususnya dengan menggagas sertifikasi “EO Hijau”, IVENDO dan IPOS berharap dapat menjadi pelopor dalam mengakselerasi transisi menuju penyelenggaraan acara yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia. Langkah ini tidak hanya penting untuk menjaga kelestarian alam, tetapi juga untuk meningkatkan daya saing industri pariwisata Indonesia di kancah global.

BACA JUGA:   Dubai Run Diikuti Oleh 70.000 Orang

Inisiatif ini sejalan dengan prediksi yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Masruroh, bahwa pasar pariwisata berkelanjutan global diprediksi akan mencapai USD 148,3 miliar pada tahun 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 7,1 dari tahun 2022.

IPOS Volume 9 menargetkan 250-300 peserta untuk Smart Forum serta 90-100 delegasi buyers dan 90-100 delegasi sellers. Sasaran utama acara adalah profesional penyelenggara acara (event organizer) di Indonesia yang berminat mengikuti tren “Green Gathering”. Bagi anda yang tertarik dapat mendaftarkan melalui tautan: https://event.ivendo.or.id/ipos-vol-9/.