Kemenparekraf Gelar Bazar #GakMudikDibikinAsik

Thursday, 06 May 21 Bonita Ningsih
Kemenparekraf Gelar Bazar

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Trans Studio Mall Cibubur dan Kantor Pos Indonesia menggelar sebuah bazar bertajuk #GakMudikDibikinAsik. Acara ini dihadirkan untuk mengobati kerinduan masyarakat yang tidak bisa mudik akibat kebijakan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran 2021.

“Kita akan sulap bazar tersebut seperti layaknya di kampung halaman dengan menghadirkan produk-produk kreatif setiap daerah. Prinsipnya adalah kalau tidak bisa mudik, paling tidak kita bisa menggantikan fisik dari kampung halaman melalui acara ini,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bazar ini menghadirkan beragam paket hampers (bingkisan Lebaran) yang berisikan produk-produk dari para UMKM dan pelaku ekonomi kreatif terpilih. Paket yang dijual terdiri dari subsektor kuliner, seperti paket kue lebaran, baju lebaran, serta kerajinan tangan atau cenderamata. Masyarakat dapat menyaksikan bazar ini di Trans Studio Mall Cibubur, Jakarta Timur, pada tanggal 6 hingga 16 Mei 2021.

BACA JUGA:   Periode Lebaran 2019, Penumpang Ngurah Rai Turun

Sandiaga mengatakan, keterlibatan pelaku UMKM dan ekraf di acara ini untuk menunjukkan bahwa produk dalam negeri juga dapat bersaing dengan produk luar negeri. Menurutnya, saat ini produk-produk buatan lokal sudah memiliki kualitas terbaik, berkelas internasional, dan juga memiliki harga terjangkau.

“Utamanya adalah kita ingin membantu bisnis dari para UMKM dan pelaku ekraf di tengah kondisi pandemi COVID-19.  Melalui bazar ini, mereka bisa mendapatkan orderan dan tentunya dapat meningkatkan omzet sehingga tidak perlu merumahkan para pegawainya,” jelas Sandiaga.

BACA JUGA:   Industri Pariwisata Diminta Siapkan Paket Wisata Akhir Tahun

Selain itu, acara ini juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk belajar meningkatkan penjualannya secara daring. Dia juga berharap agar 20 juta pelaku ekraf di Indonesia dapat segera bangkit untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional.

“Pengunjung dapat memilih produk-produk kreatif mana yang mau dibeli untuk keluarga di kampung halamannya. Nantinya, produk tersebut akan dikirim dan akan kita bantu dengan program gratis ongkir melalui Kantor Pos Indonesia,” ucapnya lagi.

Program menarik lainnya yang juga telah disiapkan Kemenparekraf adalah memberikan potongan harga bagi pengunjung yang membeli hampers minimal Rp350.000. Kemenparekraf memberikan potongan harga sebesar Rp100.000 dan pembeli berhak mendapatkan satu buah tiket masuk ke Theme Park Trans Studio Cibubur.

BACA JUGA:   Pemda Diminta Bantu Selamatkan Industri Pariwisata dan Ekraf

“Kita akan kasih banyak promo bagi teman-teman yang tidak bisa mudik. Pokoknya, di sini, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman seperti mudik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Mari kita semua bergandeng tangan untuk memajukan produk lokal dan terpenting kita putuskan tali rantai penyebaran COVID-19,” ujar Sandiaga lagi.