Kemenparekraf Luncurkan Video Series Jalur Pesona Indonesia Berisikan 5 DSP

Monday, 11 September 23 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Pemasaran meluncurkan seri video promosi bertajuk “Jalur Pesona Indonesia”.  Video ini berisikan promosi 5 Destinasi Wisata Super Prioritas yang memamerkan keindahan alam, budaya, hingga local heroes dalam balutan kisah inspiratif “Wonderful People” di Indonesia.

“Kalau biasanya kita hanya angkat destinasi dari keindahan alamnya, di sini kita mau orangnya juga diangkat. Jadi, kita mau orang-orang yang melihat video ini akan menganggap destinasi Indonesia luar biasa,” kata Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam The Weekly Brief With Sandi Uno pada 11 September 2023 di Jakarta.

Ni Made menjelaskan terdapat total 10 episode video yang akan ditayangkan melalui channel Youtube Pesona Indonesia. Episode pertama diluncurkan pada 14 September 2023 yang mana setiap minggunya akan ada dua video ditampilkan.

BACA JUGA:   Berkolaborasi Ajak Anak Muda Berinvestasi

“Setiap destinasi ada dua video dengan durasi 15 menit. Dengan adanya video ini, diharapkan orang-orang bisa melihat betapa indahnya destinasi tersebut,” ungkapnya lagi. 

Jalur Pesona Indonesia akan menjelajahi cerita inspiratif individu biasa yang mampu mengubah diri menjadi pencipta luar biasa, visioner, dan pelaku perubahan. Mereka adalah para Wonderful People, pahlawan lokal yang kisah keberhasilannya menjadi inspirasi.

Misalnya saja adalah Komo, Pendiri Komunitas Longboard Berprestasi di Labuan Bajo. Selain itu, ada pula Sori Sitanggang seorang pelestari Mossak, silat dari tanah Batak. 

Kemudian Shilla seorang kartini selancar dari Mandalika yang memukau wisatawan dengan event Kartini Goes Surf. Ada juga kisah Wawan Geni, seorang pelukis asal Magelang yang menciptakan karya seni dengan bahan obat nyamuk. 

BACA JUGA:   Ini Target Kunjungan Wisman Kemenparekraf Untuk Tahun 2023

Masyarakat juga akan diingatkan untuk menjaga alam seperti yang dilakukan Daud Dalero, Pokdarwis Desa Bahoi yang melakukan pelestarian terumbu karang. Setiap episodenya, penonton juga dapat berkenalan dengan Wonderful People ditemani dengan Salini Rengganis, seorang petualang perempuan yang mencari inspirasi dari perjalanannya.

Dedi Ahmad Kurnia, Ketua Pokja Konten dan Sarana Promosi Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, menjelaskan bahwa untuk menyelesaikan seri video di setiap destinasi dibutuhkan waktu kurang lebih satu pekan. Proses pembuatan video dimulai pada Mei 2023 dengan melakukan survei terlebih dahulu.

“Awalnya kita lakukan survei dan research terkait orang-orang yang ada di destinasi tersebut. Kita lakukan itu pada bulan Maret dan awal Mei 2023 kita mulai melakukan syuting,” ucap Dedi.

BACA JUGA:   JBL Memperkenalkan Earphone untuk Berolahraga

Seri video Jalur Pesona Indonesia diharapkan dapat mengundang masyarakat untuk semakin cinta dan memahami kekayaan di 5 Destinasi Super Prioritas melalui sudut pandang yang baru. Lima DSP tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

“Kami ingin menginspirasi generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal, mengapresiasi, dan berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam negeri dan pada akhirnya Bangga Berwisata di Indonesia,” ujar Made.