Lebaran, Momen untuk Meningkatkan Pergerakan Wisnus

Friday, 08 June 18   4 Views   0 Comments   Harry Purnama
Pesona mudik 2018

Kementerian Pariwisata mengadakan buka puasa bersama Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) pada 6 Juni 2018 di Jimbaran Lounge Ayana Midplaza Jakarta. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk media gathering ini mengundang sekitar 100 wartawan. Untuk memeriahkan acara, diadakan berbagai permainan.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, mengatakan, kegiatan mudik Lebaran mempunyai peran penting dalam menggerakkan wisatawan nusantara maupun mendatangkan wisman. “Mudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 20 juta orang sehingga dapat menggerakkan kembali wisnus yang selama bulan Ramadan ini turun hingga 50 persen. Rata-rata pergerakan wisnus per bulan 20 juta, sedangkan di bulan Ramadan turun menjadi 10 juta, dan memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik mencapai 20 juta sehingga periode Ramadan-Lebaran terjadi pergerakan 30 juta wisnus,” ujar Arief Yahya.

Pada acara ini juga dilakukan peluncuran Pesona Mudik 2018 Bersama Oleh-Oleh Artis. Seperti yang telah diketahui, Kementerian Pariwisata telah menjalin kerja sama co-branding dengan lebih dari 100 merek, di mana 37 di antaranya adalah merek oleh-oleh artis yang ikut membantu mempromosikan program wisata mudik Lebaran di berbagai kota. Hal ini sejalan dengan pendapat Arief Yahya bahwa para selebritis adalah endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata.

“Program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentuk co-creation dalam kerja sama co-branding. Dengan co-branding partnership diharapkan terjadi sinergi dan leverage effect untuk mendongkrak brand equity di pasar global dan domestik,” ujar Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Melalui program Pesona Mudik Lebaran ini, Kementerian Pariwisata dan BRI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan informasi tempat-tempat wisata bagi pemudik, dan berbagai aktivitas yang menarik lainnya, terutama yang memuat social media value yang luar biasa.

Bank BRI sebagai salah satu mitra co-brand Kementerian Pariwisata secara konsisten mendukung Kementerian Pariwisata untuk memajukan pariwisata Indonesia, dan berkomitmen untuk terus mengembangkan pariwisata Indonesia. Salah satu bentuk dukungan dari Bank BRI adalah dengan menerbitkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia yang diperuntukkan bagi individu dinamis yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam menjelajahi pesona pariwisata Indonesia.