Lima Hotel Resmi Beroperasi di Jakarta pada Kuartal Dua 2024

Monday, 08 July 24 Bonita Ningsih

Jakarta masih menunjukkan eksistensinya sebagai daerah yang memiliki pertumbuhan pasok hotel terbesar di Indonesia. Meskipun pergerakannya tidak sebesar sebelumnya akibat melambatnya proyek pembangunan di Central Business District (CBD), Jakarta berhasil membuka lima hotel baru pada kuartal 2 2024.

“Meskipun 2022 kemarin supply hotel negatif karena banyak yang belum beroperasi akibat Covid-19, tetapi, sekarang mulai banyak hotel-hotel baru di Jakarta,” kata Ferry Salanto, Head of Research Colliers Indonesia saat melakukan konferensi pers secara virtual, beberapa waktu silam.

Data dari Colliers Indonesia menyebutkan bahwa lima hotel yang baru beroperasi tersebut terdiri dari satu hotel bintang 3, dua hotel bintang 4, dan dua hotel bintang 5. Hotel bintang 3 diisi oleh BW Express Tanah Abang dengan 138 kamar. 

BACA JUGA:   EOS 1D X Mark III, Rajanya Segala Kamera

Kemudian, bintang 4 ada Ashley Tugu Tani dengan 80 kamar dan Ashta Residence 25hours Hotel The Oddbird Jakarta yang memiliki kamar 135. Lalu, pada bintang 5 ada Movenpick Jakarta Pecenongan yang menyediakan 256 kamar serta Pan Pasific Jakarta dengan 158 kamar di dalamnya. 

Hadirnya lima hotel tersebut menambah ketersediaan jumlah kamar hotel di Jakarta menjadi 43.250 ruangan. Kelimanya tersebar ke dalam beberapa lokasi yaitu Jakarta Pusat dan CBS yang merupakan kawasan utama untuk pengembangan hotel baru di kawasan Jakarta. 

BACA JUGA:   KTO Jakarta Promosikan Wisata Ramah Keluarga dan Muslim di Korea Selatan

Menurut Ferry, pengembangan hotel baru di Jakarta masih akan terus meningkat seiring dengan membaiknya kinerja hotel saat ini. Jakarta juga dianggap sebagai lokasi bisnis utama sehingga memiliki potensi besar dalam pengembangan hotel baru. Terlebih, saat ini kondisi sudah mulai stabil dari segi ekonomi hingga kesehatan.

“Tetapi, sepertinya pertumbuhan hotel akan keluar dari CBD mengingat lahan yang semakin terbatas di sana. Apalagi, saat ini proyek-proyek di CBS sering mengalami keterlambatan sehingga mengakibatkan banyak operasional yang tertunda,” jelasnya lagi.

Dalam hal ini, Colliers Indonesia, sudah mendapatkan data terkait pengembangan hotel di Jakarta pada tahun 2025 hingga 2027 mendatang. Pada 2025, tercatat akan ada dua hotel yang beroperasi di Jakarta yaitu Park Royal Hotel dan Waldorf Astoria. 

BACA JUGA:   Nikmati Sunday Brunch Buffet di Swiss-CaféTM Restaurant Pondok Indah

Lalu disusul dengan Fairfield Slipi yang merupakan bintang 3 di daerah Jakarta Barat. Masing-masing hotel akan memiliki 162, 183, serta 250 kamar di dalamnya dengan fasilitas terbaiknya.