Masyarakat Kota Yogyakarta Telah 100 Persen Divaksinasi COVID-19

Tuesday, 12 October 21 Bonita Ningsih

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melakukan Deklarasi Kota Jogja Tuntas Vaksinasi yang artinya sudah 100 persen warganya telah divaksinasi COVID-19. Deklarasi ini bersamaan dengan acara puncak Pekan Perayaan HUT ke-265 tahun bagi Kota Yogyakarta yang digelar pada 7 Oktober 2021.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan deklarasi ini dilakukan setelah seluruh kemantren atau kecamatan di Kota Yogyakarta telah berhasil memberikan vaksinasi kepada seluruh warganya. Dalam hal ini, warga dengan status wajib vaksinasi merupakan seseorang yang berusia di atas 12 tahun.

“Hal ini merupakan pertama kali yang terjadi di Indonesia, di mana sebuah Kota sudah tuntas melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warganya,” ungkap Haryadi.

Haryadi mengungkapkan kesuksesan Pemkot Yogyakarta dalam mencapai 100 persen vaksinasi juga didukung oleh berbagai pihak. Mulai dari Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, hingga masyarakat sekitar bergotong royong menuntaskan program vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta.

BACA JUGA:   SIA akan Terbang Langsung dari Indonesia ke Australia

“Vaksinasi ini merupakan kerja keras kita bersama dan juga dibantu oleh teman-teman semuanya. Tak lupa, program vaksinasi ini juga berhasil dilakukan berkat partisipasi dari masyarakat Kota Yogyakarta,” katanya lagi.

Bahkan, pada acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-265, Pemkot Yogyakarta juga mendapatkan dukungan dari Bursa Efek Indonesia untuk menuntaskan pemberian vaksinasi COVID-19 bagi warga sekitar. Dukungan tersebut berupa pinjaman mobil khusus untuk vaksinasi keliling selama perayaan HUT berlangsung.

“Bursa Efek Indonesia memberikan support kepada kita dalam rangka hari ulang tahun pasar modal. Tak hanya dipinjamkan mobil untuk vaksinasi keliling, mereka juga menghadirkan mobil khusus untuk cek laboratorium tes PCR dan antigen,” jelasnya.

BACA JUGA:   Banyuwangi Gandeng LOKET untuk Menjadi Destinasi Wisata Olahraga Terfavorit

Berdasarkan informasi yang diterima, saat ini jumlah penerima vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta sudah mencapai 570.000 lebih orang. Padahal, penduduk Kota Yogyakarta hanya berjumlah 415.000 jiwa pada saat ini. Dapat diartikan bahwa penerima vaksinasi tidak hanya yang memiliki KTP Kota Yogyakarta, tetapi juga untuk masyarakat umum.

Kendati sudah 100 persen tervaksinasi COVID-19, Pemkot Yogyakarta akan terus melakukan program 3T yaitu tracing, testing dan treatment kepada seluruh masyarakat Yogyakarta. Selain itu, Haryadi, juga mengimbau agar seluruh masyarakat yang akan beraktivitas di luar rumah harus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Pasalnya, pada September 2021 lalu, Pemkot Yogyakarta telah membuat kampanye wajib masker dan wajib vaksin.

“Program 3T ini kita lakukan guna mencegah terjadinya kembali penyebaran COVID-19. Protokol kesehatan juga tidak boleh diabaikan dan tetap dijalankan sebaik mungkin,” dia menambahkan.

BACA JUGA:   redBus Tawarkan Pemesanan Tiket Bus secara Daring

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, ikut mengapresiasi pencapaian 100 persen vaksinasi yang dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta. Melalui pencapaian ini, Pemkot Yogyakarta, dianggap mampu untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

“Dengan dituntaskannya vaksinasi ini, saya menilai bahwa Pemkot Yogyakarta sangat serius melakukan recovery daerahnya. Banyak hal yang sudah dilakukannya seperti melakukan inovasi, adaptasi, dan juga kolaborasi,” ujar Sandiaga.