Pembukaan Bioskop dan Pusat Kebugaran Dilakukan dengan Pembatasan Ketat

Monday, 11 October 21 Bonita Ningsih

Pemerintah mengumumkan akan membuka kembali pusat kebugaran atau fitness center pada pekan ini. Hal tersebut dilakukan sejalan dengan penurunan level PPKM yang telah dilalui oleh beberapa wilayah di Indonesia.

“Ini menjadi kabar baik buat kita semua, termasuk saya sebagai pecinta gym bahwa tempat ini akan kembali dibuka pada minggu ini,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, pembukaan kembali pusat kebugaran dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Pemerintah akan membatasi jumlah orang di dalam pusat kebugaran maksimal 25 persen dari kapasitas normal.

BACA JUGA:   Tiga Langkah Strategis Meningkatkan Kunjungan Wisman

Selain itu, setiap pengunjung juga diwajibkan untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat screening. Beberapa wilayah yang wajib melakukan screening tersebut berada di aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengizinkan bioskop kembali beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat seperti membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas normal. Pembukaan bioskop tersebut hanya berlaku bagi wilayah yang berada di PPKM level 1,2, dan 3.

Penerapan protokol kesehatan di bioskop telah diatur pada Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021. Selain membatasi kapasitas, seluruh pengunjung wajib melakukan scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi, menggunakan hand sanitizer, dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk bioskop. Suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius tidak diperkenankan masuk dan pengunjung diwajibkan memakai masker.

BACA JUGA:   Pelantikan Pengurus Baru DPD Asperapi Banten

“Minggu lalu saya sempat datang ke bioskop dan memantau penerapan protokol kesehatan di sana. Saya lihat semuanya sudah berjalan dengan baik, tetapi, memang saya lihat ada yang kurang di sana yaitu belum refreshmentnya,” ujarnya.

Oleh sebabnya, Sandiaga, akan kembali membuka konter-konter kuliner yang terletak di dalam bioskop. Selain memberikan kenyamanan bagi penonton bisokop, langkah ini dilakukan untuk menghidupkan kembali pelaku bisnis kuliner di Indonesia.

BACA JUGA:   Refund Tiket Pesawat dan Hotel? Ini Caranya

“Biasanya itu kita kalau di bioskop sambil makan popcorn, jadi kalau tidak ada refreshment di dalamnya seperti ada yang kurang. Alhamdulillah, berkat kerja keras teman-teman kita akan membuka konter-konter kuliner lagi di bioskop yang tetap dibatasi 50 persen,” jelas Sandiaga.