Pemerintah Siapkan Tiga Wilayah Zona Hijau di Bali Untuk Wisman

Wednesday, 17 March 21 Harry

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung keputusan Pemerintah Provinsi Bali untuk menetapkan tiga wilayah zona hijau di daerahnya. Ketiga daerah tersebut mencakup Ubud di Kabupaten Gianyar, Sanur di Kota Denpasar, dan ITDC Nusa Dua di Kabupaten Badung.

Penetapan zona tersebut dimaksudkan untuk membentuk sebuah wilayah berpola hidup sehat dengan menerapkan standar protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Tujuan utamanya adalah untuk membuka kembali pariwisata di Bali, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Berbagai tahapan akan ditempuh pemerintah untuk segera membuka pariwisata di Bali apabila situasi pandemi telah terkendali. Upaya nyata yang sedang dilakukan pemerintah adalah menjadikan tiga wilayah tersebut sebagai prioritas utama penerima vaksinasi COVID-19, khususnya bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA:   Batik Air Buka Penerbangan Langsung dari India ke Kualanamu

“Dengan menurunnya angka COVID-19 kita memulai persiapan untuk membuka kembali pariwisata, khususnya wisatawan mancanegara. Tentunya ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, kita jangan sampai melakukan kesalahan sehingga penularan COVID-19 ini meningkat kembali,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Kemenparekraf juga mengajak Kementerian Kesehatan dan pihak terkait lainnya untuk berkolaborasi dalam menyukseskan program tersebut. Bahkan, Sandiaga mengungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah menyanggupi untuk menyiapkan vaksin COVID-19.

BACA JUGA:   Indonesia Kembali Menjadi Tuan Rumah Kongres Asia-Pacific Academy of Ophthalmology

Meskipun tiga wilayah tersebut sudah siap, Sandiaga menegaskan bahwa pembukaan kembali wisatawan mancanegara harus dilakukan secara bertahap. Dia juga meminta agar masyarakat, khususnya pelaku parekraf di tiga zona tersebut, untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam membuka kembali pariwisata.

“Saya mohon doa dari semua masyarakat agar persiapan ini diberikan kemudahan dan target kita untuk membuka pariwisata di Bali segera terlaksana. Untuk wilayah Indonesia lainnya akan kita lakukan dengan secepatnya,” ujar Sandiaga.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar masyarakat Provinsi Bali, khususnya pelaku pariwisata, dapat segera bangkit. Melalui prakondisi terhadap tiga zona hijau tersebut, Jokowi akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Bali.

BACA JUGA:   Hotel di Bali Malam ini Gratis, Besok Diskon 50 Persen

“Kita harapkan dengan fokus di tiga zona ini, kebangkitan sektor pariwisata di Provinsi Bali akan segera dimulai. Evaluasi akan dilakukan setiap minggu agar kita tahu perkembangan yang ada di kawasan-kawasan ini dan pada umumnya di Provinsi Bali,” ucap Jokowi.