Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat ASPERAPI

Monday, 15 April 19   95 Views   0 Comments   Bonita Ningsih
ASPERAPI

Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) melakukan kegiatan Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) ASPERAPI periode 2019-2022. Pengukuhan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelum dilaksanakannya Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar pada 12 April 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).

Hosea Andreas Runkat, Ketua Umum ASPERAPI, mengatakan bahwa kegiatan kali ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Musyawarah Nasional pada Februari silam. Menurutnya, pengukuhan kepengurusan ini harus segera dilaksanakan agar para pengurus baru dapat langsung bekerja sesuai bidangnya.

“Setelah pengukuhan ini kita akan mengadakan Rapimnas dan akan membahas kegiatan-kegiatan apa yang akan kita lakukan. Saat ini kita dituntut untuk meningkatkan kinerja kita yang sebelumnya sudah terbentuk,” kata Andreas.

Kepengurusan saat ini diharapkan dapat membuat terobosan dan inovasi terbaru dalam mengembangkan industri pameran dan MICE di Indonesia. Andreas mengatakan, saat ini pihaknya akan memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan industri pameran dan event di daerah. Nantinya, program-program yang akan dibahas dalam Rapimnas akan dilaksanakan di daerah-daerah sesuai dengan kemampuan dan karakteristik kedaerahannya.

“Kepengurusan saat ini memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, kami akan mengoptimalkan kinerja kami di sini. Banyak program yang harus dijalankan dengan baik di pusat atau daerah sehingga kami akan lebih berkoordinasi aktif saat ini,” ujar Andreas.

Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Ni Wayan Giri Adnyani selaku Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata. Keterlibatan Kementerian Pariwisata dalam pengukuhan ini, menurut Andreas, sebagai bentuk kerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan MICE di Indonesia.

“Kita akui bahwa industri kita tidak akan bisa berdiri sendiri. Butuh kerja sama antara pemerintah, lembaga terkait, dan pihak lainnya yang juga concern terhadap industri MICE,” ujar Andreas yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan di Kementerian Pariwisata.

Dalam sambutannya, Giri memberikan dukungannya terhadap kepengurusan ASPERAPI yang baru. Dia berharap kepengurusan yang baru dapat memberikan program menarik untuk lebih mengembangkan industri MICE di Indonesia.

“Saat ini memang perkembangan MICE kita sudah baik, bahkan turis yang datang ke sini itu lebih banyak untuk MICE dibanding leisure. Jadi, sekarang yang kita harapkan untuk bersinergi lagi agar dapat membangun MICE lebih baik lagi,” ujar Giri.

“Saya yakin dengan struktur kepengurusan yang sudah diperbarui, Pak Andreas dapat membuat ASPERAPI lebih maju lagi,” ujar Giri.