Periksa COVID-19 Mandiri Melalui Aplikasi

Tuesday, 24 March 20 Herry Drajat

Untuk membantu penanganan virus Corona di Indonesia, Gojek dan Halodoc (www.halodoc.com) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19, yaitu layanan konsultasi online (telemedik) mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami serta melakukan self-assessment atau pemeriksaan sendiri terkait COVID-19.

Layanan tersebut diluncurkan setelah penandatanganan MOU pada tanggal 23 Maret 2020 di Jakarta. Pada layanan tersebut nantinya sebanyak 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam aplikasi konsultasi dokter Halodoc akan terlibat.

Layanan telemedicine Check COVID-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek. Nantinya pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check COVID-19 tersebut di tampilan aplikasi Gojek, dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc.

Pengguna kemudian bisa memanfaatkan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami. Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah, dan obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna. Hal ini dapat meminalisir penyebaran penyakit.

Selanjutnya, bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Mitra dokter Halodoc telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran pemerintah dan WHO mengenai COVID-19 supaya bisa memberikan konsultasi yang tepat.