Program Jagoan Pariwisata 2023 Siap Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

Wednesday, 22 November 23 Bonita Ningsih

Untuk kedua kalinya, tiket.com, kembali menghadirkan program Jagoan Pariwisata. Program ini merupakan hasil kolaborasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya edukatif antara tiket.com dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditujukan bagi pelaku desa wisata di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA). 

Sebagai salah satu online travel agent (OTA) di Indonesia, tiket.com, kerap meluncurkan beragam inisiatif yang dibuat dengan tujuan menjaga keberlangsungan ekosistem pariwisata di Indonesia. Tiket.com percaya bahwa ekosistem pariwisata yang baik akan memberikan pengalaman wisata yang mengesankan bagi para wisatawan asing maupun domestik. 

Berawal dari hal tersebut, program Jagoan Pariwisata hadir untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku desa wisata yang berkomitmen mengembangkan desanya. Melalui apresiasi ini juga, diharapkan pariwisata Indonesia dapat bangkit kembali serta keberlangsungan sektor ekonomi kreatif dan para UMKM dapat tetap terjaga.

BACA JUGA:   PT KAI Luncurkan Tiga Paket Wisata Selama Libur Lebaran

“Program Jagoan Pariwisata adalah sesuatu yang luar biasa dan dapat menjadi program yang berkelanjutan. Kami percaya kegiatan ini akan memberikan kontribusi tidak hanya bagi para peserta namun juga pada industri pariwisata di Indonesia,” kata Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com.

Mengangkat tema “Empowering Local Champion for Sustainable Growth”, tiket.com mengajak pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya dan menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable). Terdapat 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata yang berpartisipasi dalam program ini dan tersebar dari berbagai wilayah Indonesia.

Seluruh pelaku bisnis tersebut dibekali dengan kegiatan pendampingan dan mentoring yang dibuat oleh tiket.com pada September 2023. Selanjutnya, para peserta menjalani serangkaian tahapan yang sudah disusun tiket.com seperti business pitch competition, penjurian, dan final consideration.

Puncak acara program ini ditandai dengan pengumuman serta penganugerahan kepada para pemenang yang digelar pada 15 November 2023. Pada tahap akhir, Jagoan Pariwisata 2023 akhirnya menghasilkan empat pemenang dari berbagai kategori.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Minta Tambahan Dana Rp500 Miliar Ke DPR

Pada kategori Best Homestay dimenangkan oleh Mandhasativa, yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali. Kategori Best Digital Creative disabet oleh Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Sedangkan, Kategori Best Tourist Attraction diraih oleh Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur. Terakhir, Kategori Best BeTiDeWi berhasil diperoleh TPST Saling Peduli yang berada di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia. Jagoan Pariwisata juga menjadi salah satu kolaborasi terbaik karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital.

BACA JUGA:   Himpunan Humas Hotel Resmi Berbadan Hukum

“Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan beragam inovasi untuk pariwisata Indonesia,” ucap Sandiaga. 

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf terhadap program ini. Menurutnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan kapabilitas dan potensi pelaku usaha di lokasi area desa wisata terutama para peserta ADWI dan Program Sadar Wisata. 

“Area desa wisata tersebut akan menjadi fokus area yang dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya,” ujar Gaery.