Pusat Aplikasi Visa Italia Hadir di Jakarta, Berikan Kemudahan bagi Wisatawan

Monday, 01 July 24 Bonita Ningsih

Kedutaan Besar Italia di Jakarta mengumumkan pembukaan Pusat Aplikasi Visa (Visa Application Centre/VAC) untuk meningkatkan proses aplikasi visa bagi para pelancong ke Italia. VAC Italia resmi beroperasi pada 21 Juni 2024 dan bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih nyaman dan efisien bagi para pemohon.

Aplikasi ini dioperasikan oleh VFS Global, sebuah penyedia layanan outsourcing dan teknologi di dunia untuk pemerintah dan misi diplomatik. Pusat baru ini terletak di Chubb Square, Lantai 9, Jl. MH Thamrin No.10, RT. 14/RW. 20, Jakarta Pusat, Indonesia. 

Inisiatif baru ini merupakan bagian dari komitmen Kedutaan Besar untuk meningkatkan pengalaman aplikasi visa dengan membuatnya lebih mudah diakses dan ramah pengguna. Kerja sama dengan VFS Global menegaskan dedikasi Kedutaan Besar Italia dalam rangka memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pemohon visa.

BACA JUGA:   Destinasi Wisata Pilihan Selama Mudik

VFS Global saat ini memegang 3.450 pusat aplikasi visa, menangani 151 negara, dan 68 klien pemerintah sejak beroperasi di 2001. Total VFS Global telah menangani proses visa lebih dari 290.089.151 aplikasi.

Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri, mengatakan pembukaan Pusat Aplikasi Visa Italia di Jakarta ini sebagai langkah signifikan dalam meningkatkan pengalaman aplikasi visa masyarakat Indonesia dan juga Timor Leste. Dalam hal ini, Kedutaan Besar Italia di Jakarta, selalu menyediakan visa dengan berbagai kategori seperti wisata, bisnis, studi, dan kerja. 

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang efisien dan mudah diakses bagi semua pemohon, dan pusat baru yang dioperasikan oleh VFS Global ini akan mampu berkontribusi untuk mencapai tujuan ini. Kami berharap dapat menyambut lebih banyak pengunjung dari Indonesia dan Timor Leste ke Italia,” jelas Benedetto.

BACA JUGA:   Sukaria Ramadan Swiss-belinn Wahid Hasyim

Pusat Aplikasi Visa baru ini dirancang untuk menyederhanakan proses aplikasi visa bagi para pelancong ke Italia. Tak hanya itu, VAC juga memberikan akses yang lebih mudah dan ramah pengguna bagi penduduk Indonesia dan Timor Leste. 

VAC menawarkan situs web khusus untuk akses mudah ke informasi visa yang komprehensif, termasuk jenis visa, biaya yang berlaku, dan pelacakan status aplikasi. Staf profesional siap menangani pertanyaan visa dan memberikan bantuan selama proses aplikasi.

Tersedia juga layanan dukungan yang dapat digunakan para pemohon untuk menjawab seluruh pertanyaannya melalui unit pusat panggilan khusus dan email. Untuk memberikan kenyamanan yang lebih, paspor dapat dikirimkan langsung ke rumah para pemohon.

Para pemohon akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp260.000 yang dibayarkan di VAC saat pengajuan aplikasi. Layanan opsional seperti notifikasi SMS dan layanan kurir tersedia dengan biaya tambahan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pemohon.

BACA JUGA:   Banggai Potensial Menjadi Destinasi Wisata Mancing

Untuk memaksimalkan pelayanannya, jam operasional dari pusat ini akan diperpanjang yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir jadwal para pemohon dengan durasi yang lebih panjang. 

Dalam hal ini, VFS Global akan mengelola penerimaan dan pemrosesan awal aplikasi visa untuk memastikan pengalaman yang lancar dan efisien bagi pemohon. Namun, wewenang penilaian dan pengambilan keputusan tetap berada di Kedutaan Besar Italia di Jakarta untuk menjaga integritas dan ketelitian proses evaluasi visa.