ZAP Beri Tips Menjaga Kulit Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Monday, 25 April 22 Bonita Ningsih

Pada bulan Ramadan kali ini, ZAP Clinic mengadakan Media Gathering Buka Bersama di Good Rich Kemang pada 21 April 2022. Dalam media gathering kali ini, ZAP, memberikan kiat-kiat agar kulit tidak terdehidrasi ketika berpuasa.

dr. Rahma Evasari, Dermatologist di ZAP Clinic, menjelaskan bahwa kulit yang mengalami dehidrasi yaitu kulit yang kehilangan kelembabannya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berpuasa di mana kulit menampakkan tanda kering. 

Tanda-tanda kering ini dapat menjadi peringatan agar seseorang lebih aware dalam menjaga kesegaran dan kelembaban kulitnya. Namun, ada beberapa orang yang tidak menampakkan gejala yang sama, tetapi, sebenarnya kulit telah terdehidrasi. 

BACA JUGA:   Rayakan Ulang Tahun Ke-13, ZAP Gelar Acara Musik

Selain menimbulkan tanda kering, kulit juga mengalami sensitivitas yang lebih tinggi saat terdehidrasi. Hal tersebut terjadi karena kulit mengalami iritasi jadi mudah dimasuki berbagai bakteri dan kuman yang menembus lapisan luar kulit. Bila sudah demikian, kulit akan mengalami pengelupasan dan terlihat kusam.

Kemampuan kulit dalam menjalankan fungsi-fungsi penting seperti regenerasi sel akan semakin lemah. Selain itu, dehidrasi juga menyebabkan kerusakan permanen pada kulit seperti garis halus, kerak-kerak, hingga kerutan.

BACA JUGA:   ZAP Luncurkan Inovasi Perawatan Terbaru

Menurutnya, untuk menjaga kesegaran kulit dan tidak mudah dehidrasi perlu memenuhi konsumsi cairan ketika sahur dan berbuka. Selain mengonsumsi air, seseorang juga perlu konsumsi sayuran dan buah-buahan. Pasalnya, keduanya kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.

“Kelembaban kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh. Selain itu, tidak lupa juga rutin merawat kulit dengan pelembab dan tabir surya,” ujar dr. Rahma Evasari.

Rahma juga mengingatkan agar tidak lupa mencuci muka dengan pembersih muka yang lembut dan air hangat secara rutin. Pilih pembersih yang bebas zat kimia dan pewangi agar terhindar dari alergi. 

BACA JUGA:   Epson Indonesia Gelar CSR Sebagai Wujud Pencapaian SDGs 2030

“Lakukan mencuci muka ini sehari dua kali agar tetap terjaga kebersihan dan kelembabannya,” dia menambahkan.