Barcelona International Convention Centre Siapkan Protokol Kesehatan Menyeluruh

Thursday, 11 June 20 Herry Drajat
Barcelona International Convention Centre

Kebijakan lockdown di Spanyol diperkirakan berakhir pada Juli 2020. Berita ini disambut gembira oleh kalangan para professional dan industri. Mereka berharap bersamaan dengan masa kenormalan baru penerbangan internasional juga dibuka.

Berita tersebut juga disambut baik oleh para pelaku industri event di negeri Matador, salah satunya adalah Barcelona International Convention Centre (CCIB) yang biasa menjadi tempat penyelenggaraan event internasional, mulai dari meeting, konferensi, hingga pameran.

Manajemen CCIB saat ini sedang mengembangkan protokol ketat agar bisa menerapkan physical distancing serta menjamin keamanan maksimum pada acara, pengunjung, dan karyawan agar venue yang memiliki luas 100.000 m2 ini siap untuk penyelenggaraan acara pada September 2020.

Selanjutnya mereka akan mempertahankan langkah-langkah kebersihan dan keselamatan dengan cara membersihkan dan mendisinfeksi seluruh ruangan, memperbarui sistem ventilasi dan penyaringan udara baru, serta menerapkan sistem baru pada pemurnian udara dan sterilisasi ruang. Selain itu, CCIB akan memperbanyak fasilitas hand sanitizer dengan bahan hidroalkohol berbentuk gel, karpet pembersih sepatu, menyiapkan sistem pembersihan untuk titik sentuh di eskalator dan lift, serta memerhatikan kebersihan di semua area dan toilet.

Kemudian pada saat penyelenggaraan event akan dilakukan pengukuran suhu badan, baik pada karyawan, peserta, maupun pengunjung, dan mewajibkan mereka menggunakan masker, pembatasan jumlah orang di ruang terbatas, serta mengatur kembali ruang konferensi, ruang tunggu, dan ruang istirahat.

Protokol kesehatan juga akan diterapkan di dapur CCIB meskipun telah memiliki sertifikat Food Safety level tertinggi, yaitu ISO 22000 tahun 2018.