Gudang Persediaan PT KAI Disulap Menjadi Laswi City HERITAGE

Tuesday, 01 September 20 Bonita Ningsih
Laswi City HERITAGE

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak besar terhadap berbagai sektor, salah satunya ialah pada pemanfaatan ruang publik untuk berbagai aktivitas. Untuk menambah ruang publik di kawasan Bandung, Jawa Barat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) telah sepakat untuk mengoptimalkan aset lahan dari gudang persediaan PT KAI yang berada di Bandung, Jawa Barat. Kedua BUMN ini akan mengalihfungsikan bangunan tersebut sebagai tempat yang dapat bernilai ekonomi baru dengan bentuk kerja sama bangun-guna-serah (built-operate-transfer).

WIKA melalui anak usahanya PT Wijaya Karya Realty (WIKA Realty) akan mengubah gudang persediaan PT KAI tersebut menjadi Laswi City HERITAGE (L-HERITAGE). Gudang persediaan PT KAI yang telah disulap ini akan dijadikan sebagai wadah beraktivitas dan berkreativitas di tatanan normal yang baru.

BACA JUGA:   Raja Ampat Fokus Promosi Dua Destinasi Wisata Ini

Gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan dan pendistribusian komponen kereta api (baik yang baru maupun bekas). Dengan lahan seluas 20 Ha, bangunan ini dinilai belum dapat memanfaatkan fungsinya secara maksimal. Faktor tersebut yang dijadikan alasan untuk mengalihfungsikan gudang ini sebagai tempat yang bernilai ekonomi.

Selain itu, dari segi arsitektur, gudang ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi dengan tampilan muka bergaya klasik dan khas gaya Belanda. Istimewanya lagi, di bagian atas gudang tersebut dijadikan sebagai bangunan cagar budaya (heritage) di Jawa Barat.

Dari segi lokasi yang berada dekat pusat kota, bangunan ini dinilai tepat untuk dijadikan sebagai ruang publik daerah Bandung, Jawa Barat. Oleh karenanya, setiap pengguna ruang publik ini akan mendapat berbagai keuntungan, seperti kemudahan akses transportasi, aktivitas ekonomi, dan juga bisnis yang prospektif di sekitarnya.

BACA JUGA:   KTO Hadirkan Konsep Berwisata Baru Bernama Glocal

Sarana dan prasarana yang ada di destinasi baru ini telah disesuaikan dengan perilaku atau kebiasaan baru masyarakat. WIKA Realty saat ini tengah mengedepankan digitalisasi teknologi dalam proses bisnisnya di era adaptasi kebiasaan baru sesuai dengan arahan dan ketentuan Kementerian BUMN melalui surat Nomor: S.336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

Perencanaan pengembangan tempat ini telah disesuaikan dengan tatanan normal yang baru, baik bagi para pengunjung maupun mitra yang bekerja. Laswi City HERITAGE ini diproyeksikan dapat mulai beroperasi pada tahun 2021 setelah program pemerintah untuk vaksinasi COVID-19 pada awal tahun 2021 berjalan sukses. Pembukaan ruang publik ini juga dikawal dengan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA:   Menelusuri Jejak Budaya Arab di Kampung Al Munawar

“Laswi City HERITAGE merupakan cikal bakal dari rencana besar pengembangan Laswi City sebagai new icon kota Bandung. Tempat ini juga akan dijadikan destinasi baru untuk kawasan residensial dan komersial terbaik di daerah sana,” kata Eri Prananto, Direktur Operasional II WIKA Realty.

Dengan semangat bangkit dari dampak pandemi, destinasi baru ini juga akan menciptakan ruang bisnis baru menjanjikan bagi pengusaha lokal. Selain itu, Laswi City HERITAGE juga ditargetkan akan menjadi ruang wisata baru bagi keluarga dan berbagai komunitas.