Lima Tempat Terbaik Untuk Melakukan Citycation

Monday, 30 August 21 Bonita Ningsih

Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang dapat dikunjungi setelah PPKM dilonggarkan. Tak hanya datang ke destinasi alam, berwisata bisa dilakukan dengan melakukan citycation.

Pada dasarnya, citycation berasal dari dua kata yaitu city dan staycation, yang artinya menginap di akomodasi sebuah kota tertentu. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk menghibur diri dan menghilang penat dari rutinitas harian.

Di tengah kondisi saat ini, citycation dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terdapat banyak pilihan kota besar di Indonesia yang dapat dikunjungi untuk menikmati liburan singkat ini. Berikut ini beberapa kota yang direkomendasikan RedDoorz untuk dikunjungi saat citycation.

1. Jakarta

Menjadi kota pertama yang masuk ke dalam daftar yang dikunjungi saat citycation. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta menawarkan banyak pilihan menarik untuk menciptakan liburan yang menyenangkan.

Di saat pandemi seperti ini, banyak ruang terbuka di Jakarta yang aman untuk dikunjungi seperti Hutan Gelora Bung Karno dan Taman Kota Tebet. Berbagai kuliner lokal hingga internasional juga tersedia di Jakarta dan dapat dipesan secara langsung maupun melalui platform daring.

BACA JUGA:   Ingin Berlibur ke Raja Ampat, Lakukan 8 Syarat Wajib Ini

Beragam macam penginapan juga tersebar di seluruh penjuru kota Jakarta untuk menunjang citycation. Disarankan memilih akomodasi yang memiliki fasilitas seperti arena santai atau bermain.

2. Bandung

Terletak tidak jauh dari Jakarta, kota ini menjadi langganan untuk dikunjungi saat liburan singkat. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak julukan seperti Kota Kembang, Paris Van Java, dan Bandung Lautan Api, yang semuanya mempunyai cerita tersendiri.

Selain memiliki banyak sejarah di dalamnya, Bandung, juga dikenal dengan wisata kulinernya. Berbagai jajanan murah dan lezat dapat memanjakan lidah para wisatawan di sana. Misalnya saja seperti Mie Kocok, Seblak, dan Batagor.

BACA JUGA:   Lima Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat PPKM Dilonggarkan

3. Cirebon

Kota yang letaknya tidak jauh dari Jakarta ini, dikenal dengan wisata religinya. Dahulu kala, kota ini pernah menjadi pusat penyebaran agama islam dan banyak pemuka agama yang meninggalkan hal-hal bersejarah di sana.

Meskipun bukan menjadi kota pilihan untuk berlibur, Cirebon memiliki beragam penginapan di sana. Kota tersebut juga memiliki sajian kuliner yang nikmat seperti Empal Gentong, Ketan Ebi, dan Nasi Jamblang.

4. Surabaya

Dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Sejarah aksi heroik masyarakat Surabaya melawan Sekutu pada 10 November 1945 menjadi kenangan tersendiri yang dimiliki kota ini.

Surabaya termasuk kota yang sudah maju dengan berbagai fasilitas di dalamnya, sehingga staycation di sini akan terasa lebih menyenangkan. Selain memiliki akomodasi yang lengkap, Surabaya, juga terkenal dengan pusat perbelanjannya. Bahkan, dua mal terbesar di Indonesia berasal dari kota ini yakni Mal Pakuwon Surabaya dan Tunjungan Plaza Surabaya.

BACA JUGA:   Berburu Makanan Tradisional Unik Saat Wisata Kuliner

5. Medan

Beralih ke luar Jawa, citycation, bisa dilakukan di Medan yang merupakan ibu kota Sumatera Utara dan kota ketiga terbesar di Indonesia. Kota Medan juga terkenal sebagai kota multietnis karena populasinya yang beragam, mulai dari Batak, Melayu, Jawa, Minang, Aceh, India, dan Cina.

Di sini, juga banyak tempat bersejarah yang dapat dikunjungi seperti Istana Maimoon, Museum Negeri Sumatera Utara, dan Kampung Keling. Sama seperti kota lainnya, Medan juga menyimpan banyak makanan khas seperti Mie Gomak, Soto Medan, Bika Ambon, dan Laksa Medan.