Pemandian Air Panas Alami Di Kaki Gunung Kerinci

Thursday, 22 December 22 Harry
Air Panas Semurup

Di tengah dinginnya udara sekitar kaki Gunung Kerinci, keberadaan obyek wisata Air Panas Semurup menjadi seperti oase untuk menghangatkan diri. Air Panas Semurup berlokasi di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi. Sumber air panas ini berasal dari belerang alami yang ada di perut bumi.

Kolam air panas ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), suhu air di Air Panas Semurup konsisten di angka 80 derajat Celsius. Bahkan, menurut penjaga di tempat ini, dulunya suhu di kolam utama bisa mencapai 100 derajat Celsius.

BACA JUGA:   Daegu, Hub Pendidikan dan Budaya

Ada dua kolam sumber mata air panas di tempat ini. Namun, para pengunjung tidak bisa mandi di kedua kolam tersebut karena suhunya sangat tinggi. Oleh pengelola, air dari kolam utama dialirkan ke kolam-kolam pemandian maupun pancuran dengan jalur yang berkelok-kelok dengan tujuan mengurangi suhu air panas tersebut.

Selain kolam untuk orang dewasa, ada juga kolam khusus untuk anak-anak, tentunya dengan suhu yang disesuaikan juga.

BACA JUGA:   Wisata Offroad Malam di Tepian Pantai

Selain untuk berendam atau mandi, para pengunjung juga bisa mencoba untuk merebus telur ayam, telur bebek, atau pisang di kolam utama. Hanya dengan direndam selama sekitar 15 menit, telur ataupun pisang dijamin langsung matang dan bisa disantap.

Para pengunjung tak perlu repot-repot membawa telur atau pisang tersebut karena di warung-warung sekitar sudah menjual telur-telur tersebut dalam keadaan mentah.

Selain terdapat warung-warung penjual makanan dan minuman, di Air Panas Semurup juga sudah terdapat fasilitas lainnya, seperti toilet dan gazebo-gazebo untuk bersantai, serta fasilitas untuk bermain anak-anak.

BACA JUGA:   Negeri Di Atas Awan Bukit Khayangan

Adapun harga tiket masuk Air Panas Semurup adalah Rp6.000 pada hari biasa, dan Rp10.000 pada akhir pekan dan libur nasional.