Menikmati Agrowisata Kebun Teh Terbesar di Asia Tenggara

Wednesday, 21 December 22 Harry
kebun teh kayu aro

Berada di antara Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh, wilayah Kayu Aro memiliki udara yang sejuk dan dingin. Karenanya, sejak tahun 1925 di tempat ini sudah dibangun perkebunan teh oleh Belanda, yang kini telah dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VI, dengan nama unit usaha Kayu Aro.

Kebun teh Kayu Aro ini berada di ketinggian 1.400-1.700 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan spesialisasi berupa teh hitam. Delvi, Masinis Kepala Pabrik Teh Kayu Aro, mengatakan bahwa semakin tinggi kebun teh, maka rasanya semakin enak.

“Untuk teh kami yang ada di 1.700 mdpl rasanya lebih kuat,” ujar Delvi.

BACA JUGA:   Negeri Di Atas Awan Bukit Khayangan

Menurut Delvi, teh yang bagus adalah yang berwarna hitam, sementara yang berwarna merah kurang bagus. Namun, semakin rendah lokasi kebunnya, dari segi rasa memang kurang, tapi warnanya lebih bagus.

Kebun teh Kayu Aro yang berlokasi di Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, memiliki luas 2.000 hektare dan merupakan kebun teh paling luas di Asia Tenggara.

“Dari segi produksi pun kebun teh Kayu Aro merupakan yang terbesar. Tiap hari kami menghasilkan 90 ton teh basah, atau sekitar 18 ton teh jadi per hari,” ujar Delvi.

Saat ini memang belum tersedia paket wisata untuk berkunjung ke kebun teh Kayu Aro. Namun, Delvi mengatakan, ke depannya mereka berencana untuk membuat tim sendiri untuk menjual paket-paket wisata. Adapun aktivitas wisata yang akan ditawarkan berupa melihat proses pengolahan teh, penyajian teh yang bagus, cara memetik daun teh yang bagus, cara membuat teh, dan wisata edukasi atau agrowisata lainnya yang masih terkait dengan kebun teh.

BACA JUGA:   (KEK) Tanjung Gunung Siap Menjadi Pusat MICE Bahari

Paket wisata tersebut akan sangat memungkinkan untuk dijual kepada wisatawan. Apalagi, kebun teh Kayu Aro juga sudah memiliki tiga buah homestay yang dapat disewakan kepada para wisatawan, dengan harga mulai dari Rp350.000 hingga Rp500.000 per malam. Saat ini pengelolaan homestay tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Royal Nusantara.

Selain itu, lokasi kebun teh Kayu Aro juga sangat strategis dengan tempat-tempat wisata lainnya, seperti Danau Kerinci, Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Danau Gunung Tujuh, Rawa Bento, Air Terjun Telun Berasap, dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang berjarak tidak jauh dari kebun teh Kayu Aro.