Pulau Pramuka Menanti Wisatawan Kembali

Monday, 16 August 21 Harry Purnama
pulau pramuka

Meski saat ini situasi PPKM masih berlaku, khususnya di Jakarta, dan masyarakat belum bisa berwisata, tapi tidak ada salahnya kalau membuat daftar destinasi yang ingin dikunjungi begitu diperbolehkan untuk berwisata kembali.

Salah satu destinasi yang patut dimasukkan ke dalam daftar adalah Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu menyimpan beragam pesona alam yang wajib untuk dikunjungi. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa Kepulauan Seribu merupakan ikon dari pariwisata.

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berpenduduk dan sekaligus menjadi Pusat Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Bahkan, Pulau Pramuka lebih dahulu dikenal masyarakat sebelum Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan pulau-pulau lainnya.

BACA JUGA:   Kenal Bandung Lebih Dekat dari Atas Bandros

Nama Pulau Pramuka sendiri didapatkan karena pada tahun 1950-an hingga 1970-an banyak diadakan kegiatan Pramuka di pulau ini. Untuk mencapai ke sana, wisatawan harus menempuh jalur laut selama 1,5 jam dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan kapal speed boat, atau sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kapal kayu dari Muara Angke.

Di Pulau Pramuka, wisatawan bisa mencoba snorkeling untuk melihat langsung indahnya terumbu karang di dasar laut dan juga merasakan berenang bersama ikan hias yang ada di sekitar terumbu karang. Untuk wisatawan yang ingin melakukan olahraga air seperti scuba diving dan snorkeling tidak perlu khawatir karena Pulau Pramuka merupakan satu-satunya lokasi yang memiliki jasa penyewaan dan penyedia layanan menyelam yang sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE).

BACA JUGA:   Tanjung Gunung Menanti Asa Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

Selain itu, kegiatan lainnya adalah mengunjungi Pusat Konservasi Penyu Pisik. Di sana, penyu-penyu yang dilindungi dikembangbiakkan dan dirawat dalam satu area di mana para wisatawan yang datang dapat menyentuh langsung penyu pisik ini. Selain itu, wisatawan juga akan mendapatkan wawasan lengkap mengenai spesies yang satu ini. Penyu-penyu yang telah cukup umurnya akan dilepaskan di tepi pantai dengan melibatkan para wisatawan yang berkunjung.

BACA JUGA:   Tur Virtual Museum Secara Gratis di Tengah Wabah COVID-19

Fasilitas yang ditawarkan Pulau Pramuka juga terbilang lengkap, mulai dari penginapan hingga rumah makan.