Turki Tawarkan Wisata Bersepeda Kelas Dunia

Monday, 16 August 21 Bonita Ningsih

Turki merupakan sebuah negara yang dikenal dengan keindahan alamnya, kekayaan sejarah dan budayanya, hingga lokasi geografis yang unik karena mampu menjangkau dua benua. Dengan keunggulan tersebut, Turki, menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia.

Selain itu, Turki, juga sudah menjelma sebagai negara dengan destinasi bersepeda kelas dunia. Berbagai kegiatan bersepeda telah dilakukan di sana mulai dari kompetisi amatir, profesional, hingga hanya sekedar untuk wisata bersepeda.

Meskipun telah menjadi destinasi bersepeda, masih banyak khalayak yang belum mengetahui informasi tersebut. Oleh sebab itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Turki (TGA) meluncurkan situs https://gocyclingturkiye.com/ untuk memberikan informasi terkait hal tersebut.

Melalui situs ini, masyarakat dapat mengetahui rute sepeda di Turki, termasuk pengguna sepeda gunung. Selain itu, terdapat informasi mengenai perlombaan sepeda jalan, sepeda elektronik, dan keseluruhan acara sepeda di Turki.

BACA JUGA:   Daegu, Hub Pendidikan dan Budaya

Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki juga menyebutkan bahwa situs ini diluncurkan pada beberapa waktu lalu untuk mendukung enam kompetisi Grand Prix (GP) yang diselenggarakan oleh Velo Erciyes. Diselenggarakannya acara ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan wisata Turki, khususnya wisata bersepeda.

Velo Erciyes, penyelenggara pelatihan dan balap sepeda, menyelenggarakan enam kompetisi GP di dalamnya.Masing-masing merupakan seri balapan satu hari yang dikategorikan oleh International Cycling Union sebagai Level 1,2 dalam kalender balapan Eropa. Pembalap dengan posisi teratas akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Beberapa negara yang mengikuti kompetisi GP adalah Malaysia, Turki, Eropa, dan jugaAmerika Utara. Salah satu partisipan yang juga memenangkan kompetisi bersepeda internasional ini adalah Tim Terengganu Cycling (TSG) dari Malaysia.

BACA JUGA:   Sesaji Rewanda, Tapak Tilas Sunan Kalijaga di Goa Kreo

Wan Mohd Nazri Wan Ahmad, Direktur Olahraga TSG, mengaku senang saat menjalankan kompetisi ini di Turki. Menurutnya, Turki, memiliki jalanan sepeda yang sempurna dengan keramahan penduduk setempat yang patut diapresiasi.

“Kami merasa seperti di rumah sendiri selama kunjungan kami ke Turki,” ungkap Wan Mohd.

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu anggota tim TSG yakni Jeroen Meijers. Menurutnya, Turki, memiliki jalan dan infrastruktur kelas atas sehingga menjadi surga bagi para pesepeda dunia.

“Kami datang ke Turki untuk melihat bahwa ada surga dunia bagi pesedepa di sana. Kami juga menikmati alam, iklim, serta pemandangan yang indah selama kompetisi berlangsung,” kata Jeroen.

BACA JUGA:   Mencari Jawara Baru Banten

Di tengah situasi saat ini, Turki, memang menjadi tempat terbaik untuk melakukan latihan dan balapan sepeda karena sudah memiliki program “Sertifikasi Pariwisata Aman”. Program ini terdiri atas seperangkat protokol dan pedoman kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

Program ini mengharuskan pelaku usaha untuk memiliki sertifikasi praktik pariwisata yang aman dan nyaman. Dengan sertifikasi ini, keamanan semua tamu asing dan domestik akan diperhatikan secara baik selama tinggal di sana.