Rumah Hobbit Mangunan, Tempat Swafoto Layaknya di Hobbiton

Thursday, 09 May 19   33 Views   0 Comments   Bonita Ningsih

Yogyakarta semakin mengembangkan kawasan wisatanya. Salah satu yang unik dan patut Anda kunjungi adalah Rumah Hobbit. Kesuksesan film The Hobbit membawa dampak positif bagi kemajuan wisata Yogyakarta. Bahkan, di Yogyakarta terdapat dua tempat yang berisikan replika rumah milik Bilbo Baggins dan penyihir Gandalf yang ada pada film The Hobbit.

Rumah Hobbit Mangunan dan Rumah Hobbit Cangkringan merupakan dua tempat yang ada di Yogyakarta. Keduanya baru dibuka tahun 2017, namun Rumah Hobbit Mangunan dibuka terlebih dahulu pada awal tahun 2017.

Lokasi Rumah Hobbit ini berada di sekitar Hutan Pinus Mangunan dan Watu Goyang Dlingo, tepatnya berada di Jalan Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari kota Yogyakarta sekitar 30 menit.

Selain terdapat replika rumah hobbit seperti di film The Hobbit, di sana juga memiliki pemandangan yang indah. Rumah Hobbit dikelilingi dengan hutan pinus dan hamparan bukit yang indah. Suasana yang rindang dan nyaman dapat menyejukkan setiap mata yang memandang.

Sebelum menemukan replika rumah hobbit, para pengunjung diarahkan untuk melewati jembatan kayu yang cukup panjang. Jembatan itu juga bisa dijadikan spot foto yang menarik karena dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang.

Belum puas foto-foto di jembatan kayu dan replika rumah hobbit, Anda bisa berjalan ke arah Seribu Batu Songgo Langit. Di sini Anda juga akan mendapatkan spot foto yang menarik dengan background hutan pinus dan hamparan padang rumput hijau. Selain itu, di sini juga ada jembatan dari kayu yang bertuliskan Jembatan Jomblo.

Bagi Anda pencinta fotografi, sudah pasti akan termanjakan di Rumah Hobbit ini. Selain spot fotonya yang keren, suasana nyaman dan sejuk juga akan Anda dapatkan di sana. Pembangunannya pun juga terbilang cukup baik. Menurut Sulasmono, Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), tempat wisata ini didukung oleh Perum Perhutani.

“Makanya kalau dilihat sudah cukup bagus ‘kan pembangunan buat spot fotonya,” kata Mono, begitu sapaan akrabnya.

Namun demikian, infrastruktur yang ada di sana masih kurang bagus lantaran peran Kementerian Perhubungan belum terlalu besar. Mono berharap agar pemerintah dapat bekerja sama untuk membangun kawasan wisata yang lebih baik di kawasan Rumah Hobbit Yogyakarta.

“Intinya harus saling bersinergi supaya obyek wisata di sini bisa jadi lebih baik. Selain spot fotonya yang sudah oke, jalanannya pun harus dibuat lebih bagus juga,” ujar Mono.

Rumah Hobbit Mangunan juga memiliki fasilitas tambahan seperti toilet, tempat sampah hampir di setiap sudut, musala, area parkir yang luas, warung makan, dan tempat duduk untuk bersantai. Ada juga banyak warung makan yang menyediakan makanan ringan, makanan berat, dan minuman untuk melepas dahaga.

Sri Hartini, salah satu pemilik warung makan, mengatakan, setiap akhir pekan warungnya selalu ramai dikunjungi pengunjung Rumah Hobbit. Kebanyakan dari mereka lebih memilih membeli minuman ketimbang makanan berat. Alasannya, minuman lebih cepat penyajiannya dibanding makanan.

“Biasanya Jumat sore ramai. Sabtu-Minggu apalagi. Biasanya yang mampir sih yang datang dengan rombongan. Mereka maunya cepat, jadi pada pesan minuman saja,” kata Sri.

Untuk menikmati semua fasilitas yang ada di Rumah Hobbit, Anda cukup membayar tiket Rp2.000 per orang dan membayar biaya parkir kendaraan. Jam operasional Rumah Hobbit Mangunan dibuka pukul 07.00 WIB hingga 18.30 WIB, setiap hari Senin sampai Minggu.