200 Karya Desainer Hadir di MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 

Monday, 06 March 23 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, kolaborasi antara Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia (BI) akan dihadirkan dalam balutan event fesyen busana muslim. Diberi nama MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, acara ini akan hadir pada tanggal 7-10 Maret 2023 di Ballroom dan Denpasar Room Hotel The Westin Jakarta.

Selain IFC dan BI, acara ini juga terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dan didukung penyelenggara dari Ditali Cipta Kreatif. MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 terselenggara untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia. 

Mengangkat tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”, acara ini diharapkan dapat memperkuat peran sebagai jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan gaya hidup halal Indonesia. Perhelatan kolaboratif ini merupakan upaya untuk memperluas kiprah fesyen muslim Indonesia di pasar global dan mewujudkan Indonesia sebagai sentra fesyen muslim dunia.

“Acara ini sebagai bridging untuk masyarakat bahwa di tahun depan MUFFEST+ akan melebur dengan IN2MOTIONFEST yang telah dibuat oleh Bank Indonesia,” kata Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) saat konferensi pers di Jakarta, belum lama ini.

BACA JUGA:   IIMS 2024 Targetkan Rp5,3 Triliun Transaksi

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST akan menjadi sebuah etalase produk fesyen muslim unggulan Indonesia yang siap merambah ke pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun trend terkini. Dengan demikian, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, akan menghadirkan banyak koleksi busana muslim terbaik dan menghadirkan serangkaian kegiatan di dalamnya.

Project Director Muffest 2023, Lisa Fitria, menjelaskan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan Fashion Show dari karya 200 desainer dan  Trade Show 150 brand. Menariknya lagi, akan ada delapan international guest designers dari negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

“Ada juga talkshow, seminar fashion trend forecasting, MYDC (Modest Young Designer Competition), hingga awarding The Next Face 2023 Model Search. Kami pastikan akan banyak aktivitas selama perhelatan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 berlangsung,” ucap Lisa.

BACA JUGA:   Hadir di SIAL Canada 2024, Paviliun Indonesia Usung Tema Pemberdayaan Perempuan

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam acara ini meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Beberapa karya dari desainer dan brand kenamaan Indonesia akan tampil dalam acara tersebut. Misalnya saja Itang Yunasz, Deden Siswanto, Sofie, Hannie Hananto, TutyAdib, Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Ina Priyono, Rya Baraba, Kursien Karzai, AM by Anggiasari, Neera Alatas, Rosie Rahmadi, Najua Yanti, Opie Ovie, Irmasari Joedawinata, Novita Yunus, Barli Asmara, Dian Pelangi, Aleabe Collection by Melly Goeslaw, hingga BT Batik Trusmi.

Menariknya lagi, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menampilkan koleksi yang mengangkat konsep modest wear yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest. Koleksi tersebut dijadikan sebagai sebuah proses menuju kesesuaian kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global. 

Selain itu, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 juga menghadirkan produk fesyen muslim Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal. Dengan tujuan untuk menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk fesyen muslim Indonesia dengan negara lainnya.

BACA JUGA:   Indonesia Bersiap Rayakan Hari Pekerja Event Nasional

Dengan bergabungnya MUFFEST+ dan IN2MOTIONFEST, acara ini juga menghadirkan koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia. IN2MOTIONFEST sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 25-29 Oktober 2023 di JCC Jakarta.  

Pada penyelenggaraan kali ini, pihak penyelenggara juga akan menghadirkan konsep baru berupa “See Now Buy Now”. Ini merupakan cara terbaru bagi penonton fashion show agar mendapatkan akses langsung secara digital untuk membeli koleksi runway dari desainer yang sudah siap. Pembelian dapat dilakukan dengan sistem SNBN setelah acara pagelaran busana berakhir.