30 Hotel di Bali Mengikuti Sustainability Food Festival

Thursday, 30 September 21 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, Bali Hotel Association (BHA), menyelenggarakan acara Sustainability Food Festival. Acara yang tengah digelar pada 27 September-16 Oktober 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran membuat gerakan menuju masa depan berkelanjutan, khususnya di bidang pariwisata.

Festival ini diikuti oleh 30 hotel terkemuka di Bali, salah satunya adalah Grand Hyatt Bali. Setiap peserta diminta untuk menampilkan program inovatif yang telah dibuat di hotelnya yang mengusung asas keberlanjutan lingkungan, khususnya dalam bidang makanan dan minuman.

Selama acara, hotel yang berpartisipasi akan menyiapkan berbagai menu yang mematuhi prinsip keberlanjutan lingkungan. Pihak penyelenggara telah menentukan, masing-masing peserta menyiapkan dua hingga tiga menu makan siang yang memiliki asas keberlanjutan lingkungan untuk ditawarkan kepada para tamunya.

BACA JUGA:   IIMS Surabaya 2019 Sajikan Beragam Rangkaian Acara

Keikutsertaan Grand Hyatt Bali dalam festival ini karena memiliki filosofi yang sama dengan pihak penyelenggara Sustainability Food Festival. Filosofi yang telah diterapkan keduanya adalah “menyediakan makanan dari sumber yang terpercaya, disajikan dengan hati-hati”.

Selain itu, persyaratan yang diajukan penyelenggara festival juga sejalan dengan prinsip Grand Hyatt Bali dan telah menjadi kode etik di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah mendorong produk yang ditanam secara organik, menggunakan bahan makanan yang bersumber dari lokal, menghormati prinsip perdagangan yang adil, memastikan bahwa makanan laut yang digunakan bersertifikat berkelanjutan dan unggas bebas dari penyakit.

BACA JUGA:   Atraksi Kebo-Keboan jadi Daya Tarik Wisatawan ke Banyuwangi

Hotel ini juga memiliki Chef’s Garden yang ditanami beberapa sayuran dan rempah-rempah sebagai hasil kebun sendiri. Chef’s Garden terletak di halaman belakang hotel dan berdekatan dengan restoran Garden Café.

Dalam festival ini, Grand Hyatt Bali, menawarkan harga Rp160.000++ untuk dua hidangan serta Rp285.000++ untuk tiga menu. Para tamu hotel dapat memilih menu makanan yang telah disediakan seperti salad, makanan laut, daging, keju, dan lainnya.

Tak hanya menawarkan hidangan yang bertanggung jawab, Grand Hyatt Bali, juga menghadirkan kegiatan yang mempromosikan pentingnya gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan yang dihadirkan berupa workshop bagi para tamu, mulai dari tanggal 26 September 2021.

BACA JUGA:   Digelar Hybrid, MUFFEST 2021 Hadir di Lima Kota Besar Indonesia

Workshop pertama dihadirkan oleh Triple Eight Gallery dengan tema “Lukisan Berkelanjutan”pada 26 September 2021. Kemudian, Workshop Eco Enzyme oleh Ketut Sudarwata dari Eco Enzyme Nusantara dan Workshop Soap for Hope dari Yayasan Bali Life pada 3 Oktober 2021. Terakhir, ada Workshop Berkelanjutan untuk Anak di Kids Club pada 3 Oktober dan 10 Oktober 2021.