ASENSI dan Dyandra Promosindo Selenggarakan Turnamen Esports Khusus Wanita

Monday, 12 April 21 Bonita Ningsih
Dignity of Srikandi Kartini Edition 2021

Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bekerja sama dengan Dyandra Promosindo akan menyelenggarakan turnamen The First Esports Ladies Mobile Legends bernama Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021. Acara yang akan digelar pada 27-28 April 2021 ini akan dilakukan secara offline dan online (hibrid).

Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI, mengatakan bahwa acara ini menjadi salah satu langkah nyata bagi perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di bidang esports. Selain itu, turnamen ini juga menjadi wadah bagi para wanita pemain esports untuk berprestasi, berkualitas, dan juga menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Konsep acara ini dibuat sebagai bentuk peringatan Hari Kartini dan juga ulang tahun ASENSI pada bulan April. Oleh karenanya, Susanty berharap agar acara ini menjadi momentum untuk memotivasi wanita pemain esport agar lebih baik ke depannya.

BACA JUGA:   Gerakan Jaga Bhumi Peringati Hari Menanam Pohon Nasional dan Dunia di CFD

Alasan lain ASENSI menggelar acara ini adalah untuk melihat perkembangan dunia esports, khususnya saat masa pandemi.

“Hal inilah yang membuat kami terpanggil dan tertarik untuk menyelenggarakan turnamen esports wanita di Indonesia. Saya juga melihat masih jarang kejuaraan berkala eksklusif untuk divisi esports wanita sehingga kami perlu untuk membuatnya,” jelas Susanty.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, mengungkapkan bahwa perkembangan esports di Indonesia ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Bukan hanya dari turnamen dengan total hadiah besar, namun juga dari komunitas dan popularitas game yang kian hari semakin bertambah.

BACA JUGA:   Dua Brand Misterius Debut di IIMS 2020

Dengan pertumbuhan tersebut, peluang untuk terjun di industri ini juga semakin bertambah dan masih terbuka lebar. Oleh sebab itu, Dyandra Promosindo melakukan kolaborasi dengan industri baru ini agar mempercepat pertumbuhan esports di Tanah Air.

“Tapi perlu diingat bahwa tujuan utama kami menyelenggarakan acara ini untuk memberi informasi positif mengenai kesetaraan gender di Indonesia yang perlu ditingkatkan kembali. Kami juga ingin meningkatkan standar turnamen esports di Indonesia,” ucap Hendra.

Penyelenggaraan turnamen Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 juga didukung penuh oleh pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Muhammad Neil El Himam, Deputi Kemenparekraf, mengatakan bahwa acara ini sebagai salah satu cara pembentukan ekosistem esport di Indonesia agar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA:   Debindo Sukses Selenggarakan IndoBuildTech Bali 2018

“Acara turnamen esport itu selalu memiliki banyak penonton di setiap penyelenggaraannya secara online maupun offline. Berawal dari hal tersebut, kami mewakili pemerintah Indonesia mendukung penuh pengembangan ekosistem esport,” ujar Neil.

Lebih lanjut Neil mengatakan bahwa ekosistem esport tidak hanya tumbuh dari sebuah pertandingan, tetapi juga bisa dikembangkan melalui game, publisher, atlet profesional, pemain amatiran, maupun pemain profesional.