Indocomtech 2023 Bantu Terciptanya SDM Unggul Melek Teknologi

Wednesday, 25 October 23 Bonita Ningsih

Pameran teknologi informasi dan komunikasi, Indocomtech, resmi dibuka pada 25 Oktober 2023 di Hall 7, ICE BSD, Tangerang. Acara yang terselenggara atas kolaborasi Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) dengan Satue Event ini digelar pada 25 hingga 29 Oktober 2023 mendatang.

Setiap tahunnya, Indocomtech, hadir untuk memenuhi kebutuhan produk teknologi, informasi, dan komunikasi dari masyarakat yang semakin hari kian bergairah. Hal ini terbukti dengan data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap teknologi komputer dan informasi semakin meningkat. 

Peningkatan tersebut tentu menimbulkan implikasi positif terhadap kinerja Industri Barang dari Logam, Komputer, Barang Elektronik, Optik, dan Peralatan Listrik. Kemenperin mencatat industri tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 17,32 persen (year-on-year/yoy) sepanjang kuartal II/2023.

Pada gelaran ke-29 kali ini, Indocomtech, mengusung tema “AI’m Existing” yang diartikan bahwa teknologi benar-benar nyata dan selalu eksis di sekitar masyarakat. Indocomtech 2023 menjadi bagian dari solusi kesiapan SDM dalam menghadapi tantangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mulai berimplikasi pada aktivitas keseharian dan bisnis.

BACA JUGA:   Siapkan Pernikahan dengan Cepat di Jakarta Wedding Festival

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Rudy D. Muliadi, mengapresiasi penyelenggaraan Indocomtech yang selalu mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. Bahkan, ia menilai, kehadiran Indocomtech selama ini turut memberikan andil dan kontribusi bagi kesadaran masyarakat terhadap kemajuan teknologi. 

“Saya harap acara ini bisa menjadi mercusuar untuk teknologi IT agar masyarakat bisa mendapatkan informasi terkini pada industri tersebut,” kata Rudy dalam pembukaan pameran Indocomtech 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Sebagai yang terdepan, Indocomtech, harus terus beradaptasi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pengguna teknologi. Meskipun demikian, kehadiran SDM juga harus dipersiapkan secara matang karena hal ini menjadi perhatian khusus di industri tersebut.

“Mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk teknologi saja tidak cukup. Melalui Indocomtech, tantangannya sekarang adalah bagaimana kita dapat menyiapkan SDM yang mumpuni untuk dapat mengimbangi kekuatan teknologi dari negara lain. Jadinya, kita tidak hanya menjadi konsumen di negara sendiri dan turut terlibat dalam perkembangan yang ada,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   Makassar International Eight Festival and Forum Hadirkan Atraksi Wisata Kelas Dunia

Bertempat di area seluas 5.000 meter persegi, Indocomtech 2023 memiliki skala lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah peserta pameran pada Indocomtech 2023 juga mengalami kenaikan sebesar 50 persen dari tahun sebelumnya yaitu menjadi 150 peserta. 

Ratusan peserta yang hadir berasal dari berbagai kategori mulai dari IT & Smart Technology yang menawarkan produk teknologi sehari-hari seperti smartphone, laptop dan smart device. Ada juga Commerce Solution teknologi untuk menunjang kegiatan bisnis, Lifestyle yang mendukung kegiatan berhobi seperti gaming dan video on demand, hingga Home Appliance siap menampilkan produk teknologi terbaiknya. 

Beberapa nama yang berpartisipasi sebagai peserta pameran adalah Epson, Acer, HP, Canon, MSI, Dell, Astrindo, Playstation, Edifier, Nemesis, Sades, Garmin, Bardi, Asus, Amazfit, AOC, Gamemax, Endorax, Aula, dan Jabra.

“Kami optimistis bahwa Indocomtech 2023 dapat mendatangkan sebanyak 80.000 orang pengunjung,” ungkap Direktur Utama Satue Event, Bambang Setiawan.

BACA JUGA:   Menggalakkan Produk Rotan untuk Pelestarian Hutan

Indocomtech 2023 akan dibuka untuk masyarakat umum dengan harga tiket terjangkau. Pemesanan tiket on site ditawarkan dengan harga Rp35.000 (weekdays) dan Rp50.000 (weekend). Sedangkan tiket online dikenakan biaya Rp25.000 (weekdays) dan Rp35.000 (weekend).

Dengan membeli tiket tersebut, para pengunjung dapat menikmati segala informasi teknologi sekaligus berbelanja produk teknologi berkualitas. Setiap membeli tiket Indocomtech, masyarakat juga dapat berkunjung ke event lainnya yang digelar bersamaan Indocomtech. 

Terdapat empat event yang digelar bersamaan di antaranya adalah Motobuiltfest (28-29 Oktober 2023), Pesta Warga by Bapak2Id (28-29 Oktober 2023), Indonesia Diecast Expo (28-29 Oktober 2023), serta Indonesia Motorcycle Show atau IMOS (25-29 Oktober 2023).