ASTINDO Travel Fair 2024 Targetkan Rp100 Miliar Transaksi

Friday, 01 March 24 Harry

ASTINDO Travel Fair 2024 secara resmi digelar sejak hari ini, 1 Maret, sampai 3 Maret 2023 di Hall 1, ICE BSD Tangerang.  ASTINDO Travel Fair 2024 juga secara serentak berlangsung di 4 kota besar lainnya, yaitu Bali, Malang, Medan, dan Palembang. 

Pauline Suharno, Ketua Umum ASTINDO,  menyampaikan kegembiraannya ASTINDO Travel Fair tahun ini genap memasuki usia yang ke-16. 

“Sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, ASTINDO Travel Fair saat ini telah memiliki positioning sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia dan menjadi referensi terbaik bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional (outbound).  ASTINDO Travel Fair didukung oleh multi airlines menjadikan consumer show ini berbeda dengan kebanyakan travel fair yang digelar di Indonesia, dan selalu dinantikan oleh para holidaymakers,” sambut Pauline.  

“Di tengah situasi industri pariwisata yang diperkirakan akan pulih seperti sebelum pandemi di tahun 2024, namun kondisi geopolitik dunia di Rusia, Ukraina, ditambah Israel dan Palestina, ancaman resesi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara, serta situasi pasca Pemilu di Indonesia, memperlambat  pertumbuhan perjalanan wisata masyarakat Indonesia baik wisata domestik maupun mancanegara,” tambah Pauline.

BACA JUGA:   Logo Wonderful Indonesia akan Tampil di Tim Balap Gresini Racing pada Ajang MotoGP 2022

“Kami bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan stakeholder pariwisata lainnya antara lain FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia), APGI (Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia), AELI (Asosiasi Experiential Learning Indonesia), dan PPSI (Perkumpulan Profesional Selam Indonesia) berkomitmen agar ASTINDO Travel Fair selalu menjadi ajang pameran wisata yang menghadirkan berbagai pilihan perjalanan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Pauline.

Pauline mengatakan, yang membedakan pada tahun ini adalah peserta kapal pesiar yang menawarkan promo cukup banyak, bahkan mulai dari Rp5 juta sudah bisa naik kapal pesiar. Menariknya, pada tahun ini Resorts World Cruises untuk pertama kalinya menjadikan Jakarta sebagai homeport pada bulan Juni-Juli tepat pada saat liburan sekolah sehingga memberikan pilihan wisata kapal pesiar kepada masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:   IT&CM China dan CTW China Kembali Digelar Offline

“Jadi masyarakat Indonesia tidak perlu terbang dulu ke Singapura untuk naik kapal pesiar. Rutenya adalah Jakarta-high sea-Singapura-Malaysia, dan balik lagi ke Jakarta selama 6 hari 5 malam,” ujar Pauline.

Anton Sumarli, Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2024, menyampaikan, “Kami didukung oleh 20 maskapai penerbangan full service ternama berskala internasional yang akan menawarkan harga tiket khusus selama pameran,” papar Anton.

“Dengan total 78 booth di Hall 1, ICE BSD Tangerang, ASTINDO Travel Fair diramaikan oleh 29 travel agent, 13 tour operator  anggota ASTINDO dari 9 provinsi di Indonesia, 8 badan promosi pariwisata (NTO), 15 travel-related products & services,  serta sejumlah mitra pendukung yang menawarkan beragam penawaran khusus selama pameran.  Kami berharap ASTINDO Travel Fair menjadi one stop shopping solution untuk para pengunjung pameran yang kami perkirakan mencapai 90.000 orang dengan perkiraan transaksi hingga Rp100 miliar,” ujar Anton.

BACA JUGA:   Art Jakarta Gardens 2023 Berhasil Datangkan 10.885 Pengunjung

BCA sebagai banking partner ASTINDO Travel Fair 2024 menghadirkan sejumlah promo menarik, antara lain cashback 10% dengan Paylater BCA hingga cashback Rp670.000 dengan Kartu Kredit BCA Card atau QRIS di myBCA.

“Selain itu kami juga menawarkan opsi Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan. Kami berharap dukungan ini dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata nasional dan membantu nasabah untuk berlibur ke destinasi wisata impiannya,” ungkap Septi Herlina, VP of Consumer Business BCA.