Bigo Live Selenggarakan BIGO Indonesia Awards Gala 2023

Thursday, 02 February 23 Harry
BIGO Indonesia Awards Gala 2023
Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika KEMENKOMINFO, menyampaikan sambutan pada pembukaan acara BIGO Indonesia Awards Gala 2023.

Bigo Live, platform live streaming global terkemuka yang berbasis di Singapura, baru saja menyelenggarakan acara BIGO Indonesia Awards Gala 2023 pada 27 Januari 2023 di Hotel Four Seasons Jakarta. BIGO Indonesia Awards Gala 2023 dihadiri oleh lebih dari 100 orang dari seluruh nusantara untuk merayakan komunitas Bigo Live Indonesia bersama para broadcaster dan pengguna yang penuh semangat dan dinamis.

Acara ini, yang juga disiarkan langsung secara eksklusif di platform Bigo Live, menjadi saksi lebih dari 20 broadcaster dan 20 Bigo Live Family rayakan kontribusi mereka bagi komunitas Indonesia yang beragam di platform live streaming langsung tersebut. Berangkat dari tema, “Brighter Than The Star”, BIGO Indonesia Awards Gala 2023 menampilkan talenta paling berbakat dari Bigo Live di mana mereka tampil memesona dengan busana terbaik saat mereka menjadi saksi dari banyaknya bakat yang dihadirkan Bigo Live.

Dipandu oleh penyanyi sekaligus presenter ternama Danang Pradana dan model Nadia Intan, BIGO Indonesia Awards Gala 2023 melanjutkan tradisi tahunan Bigo Live dalam memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berperan penting mendukung platform ini dalam menginkubasi bakat-bakat di Indonesia. Acara ini juga memberikan penghargaan kepada para broadcaster terbaik Bigo Live Indonesia yang telah memikat penontonnya dengan konten yang menampilkan beragam bakat dan kepribadian unik mereka.

Acara bertabur bintang tersebut dibuka oleh Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO), yang hadir sebagai tamu kehormatan.

BACA JUGA:   Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 Diikuti 250 Perusahaan Fintech

Sepanjang acara, Bigo Live Indonesia memberikan penghargaan kepada broadcaster dan komunitas lokal terbaik melalui beberapa kategori, dengan BIGO LIVE ID: Tomsamaja memenangkan ‘Best Host 2022′, BIGO LIVE ID: 🇮🇩 Guk-Guk SQUAD memenangkan ‘Best Family’, dan BIGO LIVE ID: BillMar Management memenangkan ‘Best Agency’. BIGO LIVE ID: HaiRuby juga dinobatkan sebagai ‘Most Popular Host’, yang dipilih oleh penonton yang menonton Awards Gala secara virtual di Bigo Live.

Puncak acara diisi dengan penampilan spesial dari penyanyi sekaligus penulis lagu Marion Jola yang membawakan beberapa hits terpopulernya, seperti ‘Rayu’, ‘Jangan’, dan ‘Bukan Manusia’. Para broadcaster Bigo Live sendiri juga memiliki kesempatan untuk berbagi panggung, dengan pertunjukan tari oleh BIGO LIVE ID hasrath24, pertunjukan musik oleh BIGO LIVE ID novarianty,BIGO LIVE ID putrilanna dan BIGO LIVE ID itsjebe, serta DJ set oleh BIGO LIVE ID BASS_BETON.

Pada kesempatan ini, penyelenggara juga menyiapkan hadiah spesial untuk satu orang pemenang yang beruntung. Setelah memberikan suaranya untuk ‘Most Popular Host’ BIGO LIVE ID REBONR dinobatkan sebagai ‘Legendary Spender of the Night’, dan mendapatkan hadiah utama, yaitu Honda HR-V 2022 E CVT.

BIGO Indonesia Awards Gala 2023 diselenggarakan setelah BIGO Awards Gala 2023 di Singapura berlangsung pada 7 Januari lalu di Capitol Theatre yang bersejarah, dan menjadi bukti kekuatan transformatif dari layanan live streaming yang semakin menunjukkan visi Bigo Live untuk menjadi platform konten yang menginspirasi hidup satu miliar orang. BIGO Indonesia Awards Gala 2023 adalah bagian dari rangkaian acara gala lokal Bigo Live untuk memberi apresiasi broadcaster lokal dan regional yang telah memikat penontonnya dengan kemampuan kreativitas mereka, di mana mereka pun telah mengubah komunitas pengguna dengan memanfaatkan platform live streaming sebaik mungkin dalam setahun terakhir. BIGO Indonesia Awards Gala 2023 juga merupakan bagian dari upaya Bigo Live untuk menunjukkan komitmen platform sebagai jembatan antara dunia digital dan fisik melalui acara hybrid yang interaktif.

BACA JUGA:   Kemilau Indonesia Photo Contest 2018 Promosikan Destinasi Visit Wonderful Indonesia 2018

“Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan BIGO Awards Gala Indonesia secara fisik dan mendapat kesempatan untuk memberi apresiasi kepada talenta terbaik dari Indonesia. Setelah periode pembatasan yang berkepanjangan selama tiga tahun terakhir, kami berharap dapat menyatukan komunitas Indonesia dan berterima kasih kepada mereka karena telah menjadikan komunitas kami seperti sekarang ini melalui kecerdasan dan kreativitas mereka,” ujar Mo Wang, Country Manager, Bigo Live Indonesia. “Kami berharap untuk terus mengembangkan komunitas Bigo Live di Indonesia dan berharap ada lebih banyak orang Indonesia turut merasakan pengalaman menyenangkan dalam menggunakan platform live streaming”.

Sejak didirikan pada tahun 2016, Bigo Live telah muncul sebagai pemimpin industri di tingkat internasional sekaligus sebagai kontributor utama dalam pertumbuhan ekonomi kreator secara global dengan lebih dari 400 juta pengguna di 150 negara di seluruh dunia. Bigo Live telah secara aktif memperluas referensi konten bagi pengguna di Indonesia melalui konten yang telah disesuaikan dengan selera lokal dan penawaran pan-entertainment sepanjang tahun terakhir.

BACA JUGA:   Jember Fashion Carnaval 2018 Mengangkat Tema Kebangkitan Negara-Negara di Asia

Misalnya, Bigo Live Indonesia belum lama ini telah menyelenggarakan ‘BIGO Dino Roadshow’ di mana maskot Giant Dino dari Bigo Live melakukan tur keliling Indonesia dan singgah di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, serta Semarang. Acara lainnya termasuk ‘BHI Car Free Day’ yang diadakan bersamaan dengan inisiatif Car Free Day Indonesia; ‘Good to Bigood’, acara spesial Ramadhan yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan Goks Entertainment; kompetisi pencarian bakat BIGO Star Academy, dan Super VIP Music Festival, serangkaian konser musik live streaming setiap dua minggu yang menghadirkan penampilan dari artis populer seperti Cita Citata, Aura Kasih, dan Rizky Febian.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutannya untuk memberikan pengalaman live streaming yang menarik dan imersif kepada penggunanya, Bigo Live meluncurkan dan memperkenalkan fitur inovatif pertama di tahun 2022 termasuk ‘Virtual Live’, yaitu sebuah fitur virtual dan augmented reality yang memungkinkan pengguna untuk membuat avatar 3D yang dapat dipersonalisasi untuk mewakili diri mereka secara real-time, dan ‘Community’, sebuah fitur interaktif yang memungkinkan pengguna membuat, bergabung, dan mengelola komunitas online dan terhubung dengan pengguna lain dengan minat yang sama.