FestivaLAnd 2019 Hadir di 10 Kota

Friday, 03 May 19 0 Comments   Bonita Ningsih
FestivaLAnd 2019

PT Dyandra Promosindo berkolaborasi dengan LAzone.id dan Bold Xperience akan menghadirkan kembali festival musik bernama FestivaLAnd. Memasuki tahun keduanya, FestivaLAnd hadir di 10 kota berbeda.

FestivaLAnd merupakan sebuah festival musik yang diselenggarakan di kota-kota besar di luar Jakarta. Festival musik ini menghadirkan musik side-stream atau yang biasa disebut dengan musik indie.

Tofani Lazuardi, Branch Koordinator PT Dyandra Promosindo, mengatakan, tahun ini menjadi lebih istimewa lantaran diadakan di 10 kota berbeda di luar Jakarta. Jumlah ini meningkat signifikan dari tahun lalu yang hanya diselenggarakan di tiga kota berbeda.

Di 2018, FestivaLAnd hadir di kota Semarang, Purwokerto, dan Banjar Baru. Sedangkan di tahun ini hadir di Banjar Baru, Pontianak, Samarinda, Jember, Purwokerto, Semarang, Manado, Makassar, Pekanbaru, dan Palembang.

“Kita mengambil konsep seperti ini karena ingin memberikan sebuah acara hiburan yang dapat diagendakan setiap tahunnya di luar kota Jakarta. Tapi, memang untuk saat ini pulau yang belum kita datangi hanya Irian Jaya,” ujar Tofani.

Acara ini akan dimulai pada 12 Juli hingga 10 November 2019, dimulai dari kota Manado dan berakhir di Semarang. FestivaLAnd juga akan mengundang 46 musisi side-stream berskala nasional, seperti Barasuara, Danilla, Efek Rumah Kaca, Fiersa Besari, Shaggy Dog, Weird Genius, dan masih banyak lainnya.

“Setiap kota akan dihadirkan lima hingga tujuh musisi side-stream itu. Tapi, tentunya juga akan ada band-band lokal yang kita tampilkan,” katanya lagi.

Diop Saputra, Event Manager LAzone.id, mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan cara untuk merealisir kegiatan festival musik yang diharapkan masyarakat di kota-kota selain Jakarta. Sebagai digital portal yang memberikan informasi mengenai gaya hidup anak muda, LAzone.id mampu memberikan tempat bagi generasi milenial untuk berekspresi di bidang musik, seni, hingga komunitas.

“Di Jakarta kan sudah banyak festival musik, makanya kita hadir dengan festival ini. Kita ingin hadir secara nyata di tengah masyarakat kota-kota lainnya,” ujar Diop.

Donny Farisra Gunawan, Branch Manager Yogyakarta PT Dyandra Promosindo, menjelaskan, FestivaLAnd tidak hanya menghadirkan acara musik, tetapi ada acara pelengkap lainnya. Akan ada acara untuk kuliner, market place, hingga komunitas, mulai dari mural, drone, record store, dan masih banyak lainnya.

“Kita juga akan gelar talk show untuk mendorong sisi kreatif dari masyarakat lokal. Kita akan undang pengusaha lokal untuk sharing info di sana,” ungkap Donny.

Dengan banyaknya kegiatan di FestivaLAnd, Donny menargetkan akan ada 218.000 pengunjung di 10 kota penyelenggara selama lima bulan. Jumlah ini naik 15 persen dari total pengunjung setiap kota di tahun 2018.

Untuk biaya masuknya pun terjangkau. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp25.000 per hari dan sudah dapat mengakses semua area yang ada di FestivaLAnd.