Dimeriahkan 118 Musisi, Synchronize Fest 2018 Tampilkan Panggung XYZ

Thursday, 27 September 18 Herry Drajat
Synchronize Festival 2018
Foto: Venuemagz/Erwin

Synchronize Fest 2018 siap digelar pada 5-7 Oktober 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran. Festival musik hasil kolaborasi Dyandra Promosindo dan demajors ini akan menampilkan 118 musisi dari dekade 70-an, 80-an, 90-an, hingga 2000-an dari berbagai genre.

Perhelatan Synchronize Fest edisi ketiga ini akan menghadirkan enam buah panggung, yakni Dynamic Stage, Forest Stage, Lake Stage, District Stage, Gigs Stage, dan XYZ Stage. XYZ Stage merupakan panggung yang baru dihadirkan tahun ini untuk menampilkan genre musik yang mirip sebuah pesta perayaan atau selebrasi.

Mohammad Riza, Technical Festival Director Synchronize Fest, mengatakan, “Masing-masing panggung akan menciptakan ambiens yang berbeda. Sementara berbagai fasilitas seperti stage for disable audience (area difabel) akan tetap ada untuk memudahkan kaum difabel agar tetap dapat menikmati festival ini”.

Berbagai genre musik bisa dinikmati pada Synchronize Fest 2018, mulai dari keroncong, dangdut, kasidah, pop, rock, hingga reggae. Pada hari terakhir, dapat disaksikan reuni akbar dari grup musik legendaris tahun 90-an, yaitu Dewa 19, bersama dengan dua mantan vokalisnya dari dekade yang berbeda, yaitu Ari Lasso dan Once Mekel, yang akan satu panggung untuk menyanyikan repertoar hits pada masing-masing vokalis saat mereka masih bergabung di Dewa 19.

“Ini momen yang langka. Sudah lama sekali Dewa 19 ingin melakukan reuni dengan dua vokalisnya. Momen yang monumental buat saya dan tentunya bagi para Baladewa semua,” ujar Ari Lasso, vokalis Dewa 19 periode 1991-1999.

Sementara itu, menurut Once Mekel, “Pastinya ini momen yang sangat ditunggu-tunggu pencinta lagu-lagu Dewa 19. Saya terhitung hampir tak pernah tampil bersama Dewa di acara besar sejak tahun 2010. Semoga lancar dan berkesan untuk semua nanti.”

Pada acara yang didukung Bukalapak, simPati, dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) ini juga dapat dinikmati penampilan dari Padi Reborn, Orkes Moral Pancaran Sinar Pratomax (OM PSP), juga penampilan Raja Dangdut Rhoma Irama bersama Soneta Grup. Badan Ekonomi Kreatif tahun ini kembali hadir melalui Deputi Pemasaran bersama Tim Hello Dangdut Irama Nusantara. Hello Dangdut merupakan platform musik dangdut dengan tujuan mengangkat musik dangdut sebagai musik untuk semua kalangan dan lebih lanjut akan menduniakan musik dangdut masuk ke pasar global.

Menurut David Karto, penggagas sekaligus Festival Director Synchronize Festival, “Synchronize Festival 2018 diharapkan menjadi kawah candradimuka bagi musik Indonesia dan menjadi ruang interaksi bagi semua pelaku dan penikmat musik Indonesia.”

Harga tiket masuk Synchronize Fest 2018 adalah Rp245.000 untuk Daily Regular dan Rp179.000 Daily Early Entri yang dapat dibeli melalui Bukalapak. Sedangkan untuk pembelian di hari-H adalah Rp490.000 untuk 3 Days Pass dan Rp279.000 untuk Daily Regular.