Event Toba Jou Jou Hadirkan Fashion Show Spring Summer 2024 Karya Ali Charisma

Tuesday, 27 June 23 Bonita Ningsih

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sibolga kembali menyelenggarakan event Toba Jou Jou pada tanggal 23-25 Juni 2023 di di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Balige. Event ini merupakan selebrasi hasil pengembangan UMKM unggulan Bank Indonesia Sibolga dengan tujuan mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), serta Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Tak hanya itu, Toba Jou Jou juga dijadikan ajang untuk memamerkan kekayaan budaya dan kreativitas Indonesia. Acara ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran potensi wastra Indonesia di kancah global. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, KPwBI Sibolga, melakukan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak di dalamnya. Kolaborasi dilakukan bersama BI Sumatera Utara, Bl Pematang Siantar, Pemerintah Kabupaten Toba, serta stakeholders terkait lainnya.

BACA JUGA:   Fashion Show Berbalut Makan Malam Hadir di Swiss-belboutique Yogyakarta 

Salah satu pihak yang melakukan kolaborasi di event ini adalah Asosiasi Fashion Indonesian Fashion Chamber (IFC). Pada event tersebut, Ketua IFC Ali Charisma, mempresentasikan koleksi terbarunya sekaligus memberikan workshop kepada pengusaha kecil menengah yang berpartisipasi dalam Toba Jou Jou.

Dalam kolaborasi ini, Ali Charisma, bekerja sama dengan empat artisan kain wastra/UMKM binaan Bank Indonesia. Keempat UKM tersebut adalah Dame Ulos, Batik Humbang Hasundutan, Elseria Ulos (Toba), dan Esliana Damanik. 

Tujuan utama dalam kolaborasi ini adalah menghasilkan koleksi wastra Indonesia yang terkini, khususnya dalam hal tenun dan batik. Karya tersebut diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang positif salah satunya adalah dapat diterima di pasar nasional maupun internasional.

Ali Charisma juga menghadirkan pakaian siap pakai atau ready to wear yang nyaman dengan menggunakan bahan-bahan serat alam. Beberapa bahan yang digunakan adalah katun, viscose, dan linen.

BACA JUGA:   BBW Eksklusif di Tokopedia Kembali Digelar

Untuk mendukung sustainable fashion, koleksi yang ditampilkan mengadopsi konsep zero waste, androgini, dan all size. Dengan harapan dapat memperkenalkan konsep-konsep ini ke pasar global dan memperluas apresiasi terhadap keindahan dan keunikan wastra Indonesia.

Seluruh koleksi yang dihasilkan Ali juga ditampilkan dalam sebuah fashion show bertemakan Spring Summer 2024 di acara Toba Jou Jou. Selain itu, Ali, juga memberikan sebuah workshop kepada pengusaha kecil menengah yang hadir dalam acara Toba Jou Jou.

Workshop membahas sejumlah strategi dan langkah-langkah untuk menciptakan koleksi yang dapat diterima di pasar global dengan mudah. Ali juga memberikan panduan tentang pengaplikasian wastra untuk pasar global. 

Strategi yang diberikan diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta workshop tentang tren fashion global. Lebih dari itu, peserta workshop akan mendapatkan peluang yang dapat dijelajahi dalam memasarkan produk wastra Indonesia.

BACA JUGA:   Pinisi Kenzo, Alternatif Wisata Baru di Danau Toba

“Saya berharap dapat berbagi pengetahuan dan wawasan saya kepada para peserta workshop. Semoga saya juga dapat menginspirasi mereka untuk menciptakan koleksi yang dapat bersaing di pasar global,” ujar Ali.

Sementara itu, KPwBI Sibolga berharap acara ini dapat memberikan dukungan dan peluang bagi para pengusaha kecil menengah untuk mengembangkan produk wastra Indonesia. Dengan harapan besar lainnya adalah produk mereka dapat diterima di pasar global.