Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia Promosikan Ekowisata Alam

Monday, 09 July 18   29 Views   0 Comments   Venue
Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia

PT Kiad Media Kreatif selaku event organizer bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sukses menggelar acara Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia untuk yang kedua kalinya pada 6-8 Juli 2018. Festival yang digelar di Lapangan Siwa Mandala Candi Prambanan ini merupakan satu-satunya event yang terlengkap dan terbesar yang memperkenalkan pesona wisata konservasi yang ada di Indonesia.

Dyan Syah, Presiden Direktur PT Kiad, mengatakan, pada tahun kedua ini animo peserta untuk mengikuti Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia ini meningkat 100 persen, yaitu dari 35 peserta pada 2017 menjadi 74 peserta yang terdiri dari 35 Taman Nasional, 11 BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), 2 Dinas Pariwisata, 4 Perusahaan IUPSWA, 5 NGO pemerhati hutan dan lingkungan, 5 operator wisata, 5 komunitas peduli lingkungan, dan beberapa media partner.

Selain itu, animo masyarakat untuk mengunjungi Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia ini pun begitu besar untuk mendapatkan informasi mengenai taman nasional dan taman wisata di Indonesia. Pada tahun lalu, jumlah pengunjung yang hadir mencapai 7.000 orang, dan di tahun ini meningkat menjadi 14.600 pengunjung. Hal ini memperlihatkan bahwa Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia ini dapat membuka prospek baru untuk memperkenalkan keberadaan taman nasional dan taman wisata di Indonesia untuk menangkap potensi baru mempromosikan wisata Indonesia kepada wisatawan lokal maupun mancanegara di area konservasi. Ekowisata di taman nasional dan taman wisata alam akan memberikan edukasi tentang perlindungan penghargaan alam dan budaya Indonesia sehingga sekaligus melestarikan alam.

Rangkaian acara yang diselenggarakan oleh panitia pada Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia ini beragam, dari festival film pendek taman nasional dan taman wisata alam, festival fotografi taman nasional dan taman wisata alam, festival budaya, open trip ke taman nasional dan taman wisata alam, marathon mountain bike, dan beberapa acara lainnya.

Tahun depan Kiad Media Kreatif dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menargetkan Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia akan lebih sukses lagi dengan kemasan acara yang lebih menarik dan beragam serta di lokasi yang berbeda-beda. Pada tahun lalu, Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam Indonesia diadakan di Banyuwangi.

Penulis: Nurhayati