FLOII Expo 2023 Raih Transaksi Lebih dari Rp7,2 Miliar

Monday, 02 October 23 Bonita Ningsih

Floriculture Indonesia International Expo (FLOII Expo) telah sukses digelar pada  28 September – 1 Oktober 2023 di Hall 2 – ICE BSD City. Pameran tanaman hias terbesar di Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi dari Dyandra Event Solutions, Indonesian Aroid Society, Pecinta Florikultura Indonesia (PFI), dan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Kesuksesan FLOII EXPO 2023 dapat dilihat dari nilai transaksi yang dikumpulkan hingga hari ke-4 yaitu Rp7,2 miliar dan masih akan terus bertambah. Nilai ini merupakan laporan dari sebagian peserta pameran dan hasil lelang 48 tanaman hias dengan total Rp383 juta. 

BACA JUGA:   Saung Rahayat 2019 Promosikan Empat Kecamatan di Cianjur

Lelang tertinggi jatuh pada jenis tanaman hias Hao Butterfly atau keluarga tanaman hias Aroid senilai Rp130 juta. Sementara itu, untuk tanaman termahal yang berhasil dijual di pameran ini adalah Anthurium Pink Variegated senilai Rp180 juta.

Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, Michael Bayu A. Sumarijanto, mengatakan keberhasilan FLOII EXPO 2023 tak lepas dari dukungan para peserta pameran yang berjumlah 150. Peserta tidak hanya datang dari Indonesia, tetapi, juga dari berbagai negara lainnya. 

BACA JUGA:   IIMS 2023 Targetkan Rp3,8 Triliun Transaksi

Sementara itu, untuk jumlah pengunjung, pameran ini berhasil mendatangkan 11.000 orang pada pukul 17.00 WIB di hari terakhir acara. Pengunjung yang datang tak hanya ingin melihat berbagai jenis tanaman hias, tetapi, juga ingin menikmati 11 talkshow  dan 2 workshop yang digelar selama empat hari penyelenggaraan. 

Tak hanya itu, FLOII Expo 2023, juga mengadakan kontes tanaman hias jenis Sansevieria, Aroid, Aglaonema, dan Platycerium yang diikuti 578 peserta. Kontes ini juga menghadirkan banyak hadiah dengan total 300 juta rupiah. 

BACA JUGA:   Reposisi MICE untuk datangkan Turis Berkualitas

Seluruh kontestan juga memiliki kesempatan mendapatkan hadiah doorprize berupa 10 emas dengan berat 1 gram, empat Samsung Galaxy A54, dan dua TV Samsung QLED 4K. Adapun peserta yang meraih predikat Best of the Best dalam kontes tanaman hias adalah Indo Aroid. Sedangkan, pemenang Best Booth dimenangkan oleh Variegata Indah Nusantara.