Highlands Half Marathon Jadikan Sentul Kota Sport Tourism

Wednesday, 09 November 22 Harry Purnama
Ilustrasi lari PHRI Run
Foto: Dok. Venuemagz.com

Setelah absen digelar karena pandemi, acara Highlands Half Marathon (HHM) kembali akan digelar pada 27 November 2022. Sebagaimana tahun 2019, lokasi race central tetap berada di Jalan Siliwangi, dan lokasi race village di Kawasan Taman Budaya, semuanya di Sentul City. Hal itu disampaikan pada Konferensi Pers HHM, 28 Oktober 2022 di Hutan Kota by Plataran, Kawasan GBK, Jakarta Pusat.

Lomba lari ini kembali akan menghadirkan beberapa kekhasan lain, selain jalur hilly. Di antaranya adalah adalah kategori usia peserta yang dibagi pada Kelas Open (di bawah usia 40 tahun), kelas Master Kelompok Usia 41 sd 50 dan Kelompok Usia 51 tahun ke atas.

“Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir para jago lari di usia master dengan filter usia yang lebih bersahabat,” ujar Jimmy Tjahjanto, advisor pada HHM.

Adapun jumlah peserta ditargetkan 3.500 pelari yang akan dibagi dalam tiga kategori jarak; 21K/Half Marathon (HM), 10K, dan 5K. Keistimewaan lain adalah Cut Off Time (COT) yang relatif longgar. Sebagai gambaran, untuk kategori jarak HM, COT adalah empat jam. 

BACA JUGA:   PERIKLINDO Electric Vehicle Show 2022 Diikuti 50 Brands Ekosistem Kendaraan Listrik

“Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pelari menikmati rute, juga merespon situasi akibat pandemi yang mungkin menyebabkan pelari tidak intens berlatih sebagaimana keadaan normal,” lanjutnya.

Dengan demikian, praktis para pelari akan dapat mencapai garis finish dengan nyaman dan mendapatkan finisher medal masing-masing. Bagi para pemburu podium, disediakan total hadiah Rp 200 juta dengan posisi juara dan pemenang satu hingga tiga.

Race Management lomba lari jalan raya ini dipercayakan kepada IdeaRun. Dan saat ini race course telah disiapkan secara maksimal, termasuk titik pos guyur, medik, cheering, foto dan juga pace maker/pacer serta aktivasi lain yang akan mendukung kenyamanan peserta berlari.

“Peserta harap memahami bahwa jalur yang akan dilalui ini memang hilly, agar peserta menyikapi dengan bijak,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun.

Jalur hilly diperlukan bagi pelari untuk melatih skill berlari mereka. Dan, Coach Andriyanto hadir pada Konferensi Pers, sebagai narasumber dengan memberikan materi relevan. Ia akan menekankan manfaat jalur hilly ini dengan materibertema “Merespon Jalur Hilly bagi Pelari”. 

BACA JUGA:   Polda Metro Jaya Pastikan Keamanan Pelaksanaan G20 di Jakarta

Race Rasa Konser

Sebagaimana tahun 2019, after race event HHM pun akan diisi dengan entertainment yang seru. “Kami sudah menyiapkan line up pengisi acara yang keren,” ujar Aida Ristany, Direktur Komersial Sentul Highlands Golf Club yang juga menjadi Ketua Panitia HHM ini.

Kemudian, pelari juga dapat menikmati aneka hiburan di panggung seraya menikmati beragam makanan dan minuman yang disediakan gratis. “Dan, mumpung musimnya, kami akan sajikan durian juga kepada pelari,” lanjut Aida.

Flow distribusi makanan dan minuman ini pun telah diatur dengan baik untuk memastikan pelari kebagian, termasuk para finisher yang tiba belakangan.

Intinya, jajaran manajemen grup Sentul City mendedikasikan lomba dengan konsep “Move the City” demi menggembirakan para peserta. “Sehingga melalui kegiatan ini bisa diperoleh energy positif, yang akan menyumbang bagi semangat produktivitas dan positivisme setelah hampir tiga tahun didera situasi tidak menentu akibat pandemi,” kata Aida menegaskan.

BACA JUGA:   The Papandayan Jazz Festival 2022 Siap Kembali Meriahkan Pariwisata Bandung

Sport Tourism

Di sisi lain, gelaran ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, di antaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism atau wisata olah raga di kota ini khususnya, Jawa Barat. Kehadiran 3.500 pelari yang sebagian mungkin akan datang dengan keluarga atau rombongan teman, tentu akan berdampak terhadap pergerakan ekonomi lokal.  Dengan demikian, lomba ini ditargetkan menjadi kegiatan yang berlanjut hingga tahun-tahun mendatang dan menjadi destinasi bergengsi bagi penggemar lari, untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Kabupaten Bogor.

“Ini bentuk dukungan yang antara lain dapat kami dedikasikan bagi Kabupaten Bogor melalui HHM ini,” ujar Aida.