Homeland Security Jamin Keamanan Dalam Negeri Indonesia

Thursday, 20 September 18   57 Views   0 Comments   Herry Drajat
Homeland Security

Untuk pertama kalinya pameran mengenai keamanan dalam negeri diadakan di Indonesia, yakni Homeland Security. Acara yang diadakan oleh Comexposium Singapore bekerja sama dengan PT Amara Tujuh Perjuangan ini berlangsung pada 19-20 September 2018 di Jakarta Convention Centre. Event dua tahunan ini digelar untuk menjawab kebutuhan Indonesia untuk melawan aksi terorisme, menjaga keamanan dalam negeri, dan penegakan hukum yang semakin berkembang.

Konferensi dan pameran Homeland Security diikuti oleh 60 peserta yang menghadirkan berbagai peralatan dan penyedia jasa keamanan dalam negeri dari Indonesia dan negara-negara lain, termasuk Cina, Kanada, Italia, Jepang, Singapura, dan Inggris. Beberapa nama terkenal yang menjadi peserta di acara ini antara lain PT Pindad, Huawei, PT Informasi Neta Markindo, Digital Barrier, Avigilon, NSHC Inc, Magnet Forensics, Foster & Freeman, RCS, serta YITU and Hancomgmd Inc. yang akan merampilkan solusi keamanan terkini.

Konferensi dan pameran Homeland Security menggunakan lahan seluas 3.000 meter persegi, dengan target pengunjung sekitar 2.000 orang dari kalangan pertahanan sipil pemerintah, keamanan dalam negeri, imigrasi, kepolisian, otoritas perhubungan, akademisi, dan perusahaan pemasok kebutuhan keamanan.

“Penanganan terorisme memerlukan pendekatan multi-dimensi yang melibatkan berbagai badan dengan koordinasi yang baik untuk menangani berbagai persoalan bersama-sama. Homeland Security Indonesia Conference 2018 bertujuan untuk memfasilitasi upaya ini,” ujar R. Rakyan Adi Brata, Tenaga Ahli Dewan Perwakilan Rakyat untuk Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia dan Keamanan.

“Sudah tepat apabila ancaman keamanan besar dianggap sebagai risiko utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan Homeland Security Indonesia akan menjadi ajang pertemuan instansi-instansi keamanan dalam suatu forum terbaik untuk memajukan pengetahuan para pengunjung konferensi,” ujar Andrew Marriot, Direktur Utama Homeland Security Indonesia 2018.