Viro Berpartisipasi pada The Leisure Show 2019 di Dubai

Thursday, 10 October 19 0 Comments   Herry Drajat
Leisure Show 2019

The Leisure Show 2019 adalah sebuah pameran industri leisure internasional untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika, yang khusus menampilkan beragam produk desain, perhotelan dan gaya hidup.  Pada penyelenggaraan tahun ketujuh, pameran yang menjadi ajang penemuan beragam inspirasi, inovasi, dan kreativitas di industri leisure ini diadakan pada 17-19 September 2019 di World Trade Centre Dubai.

Pada penyelenggaraan tahun ini, The Leisure Show melibatkan para pelaku yang datang dari industri desain dan hospitality, termasuk di dalamnya 5.000 arsitek, ribuan perancang, pengunjung, pengembang komersial, dan para pembuat keputusan penting dari berbagai belahan dunia.

Salah satu peserta dari Indonesia adalah Viro, sebuah merek dagang dari PT Polymindo Permata, yang berdiri sejak tahun 1985 dan dikenal sebagai pionir eco faux. Produk jadi yang dihasilkan Viro seperti atap alang-alang dan furnitur anyam telah tersebar tidak hanya di Indonesia, namun juga berbagai belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Cina, Maladewa, Fiji, dan Timur Tengah.

Menempati zona Furnitur Luar Ruang, Viro bekerja sama dengan desainer interior ternama Kezia Karin dari KEZIA KARIN Studio membangun stan dengan tema “The Nusantara Coasts”. Pemilihan tema ini berangkat dari kepedulian Viro terhadap isu sampah plastik sekali pakai (single-use-plastic) yang cukup mengganggu ekosistem laut Indonesia. Keindahan bahari Indonesia ini ditampilkan dalam kerajinan simpul dengan memanfaatkan teknik Makrame, yaitu teknik merajut yang berasal dari Arab dan telah diakulturasi oleh budaya Indonesia.

“Sebagai negara bahari, Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat berharga dan tak ternilai. Guna mempromosikan keindahan alam dan memperkenalkan keunikan budaya dari Tanah Air ke kancah internasional, kami memutuskan untuk memodifikasi konsep yang sebelumnya telah kami tampilkan di CASA Indonesia, pameran terbesar dan komprehensif di bidang Arsiktektur, Interior, Desain, dan Seni dalam negeri tahun ini,” ujar Johan Yang, Executive Vice President PT Polymindo Permata.

Ridwan Hassan, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai, mengapresiasi pencapaian dari Viro. “Dubai adalah lokasi strategis yang merupakan hub di Timur Tengah dan Afrika. Sebagai destinasi utama pameran dagang yang sering kali diadakan di kawasan, diharapkan partisipasi Viro dalam The Leisure Show 2019 dapat membuka jalan bagi produk-produk lokal Indonesia untuk dapat diterima dan semakin dikenal di Timur Tengah dan Afrika. Kami juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh Viro dalam membantu mempromosikan dan melestarikan budaya Tanah Air di kancah mancanegara yang diwakilkan dalam bentuk arsitektur yang indah,” ujar Hassan.

Selain aktif pada pameran dagang, Viro juga mendirikan kantor perwakilan di Dubai. Pasar Timur Tengah dan Afrika Utara yang saat ini menyumbang 25% dari total ekspor.  

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Viro dapat mewakili Indonesia dalam pergelaran The Leisure Show 2019 ini. Kami harap melalui pergelaran ini, masyarakat internasional semakin menyadari keindahan yang dimiliki oleh Indonesia dan memercayai produk-produk buatan anak negeri,” ujar Johan.