INACRAFT 2019 Hadirkan Jastip Resmi

Wednesday, 24 April 19 0 Comments   Bonita Ningsih
INACRAFT 2019

Pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019 telah tiba. Pameran yang digelar untuk ke-21 kalinya ini akan diselenggarakan pada 24 hingga 28 Maret 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Binakreasi ini menyediakan 1.400 stan yang akan diisi oleh perajin dari seluruh wilayah Indonesia. Beberapa stan akan diisi oleh dua perajin yang berbeda sehingga akan ada kurang lebih 1.700 peserta di INACRAFT 2019.

“Jumlah peserta yang mendaftar ini sangat banyak, bahkan masih ada 200 peserta yang waiting list. Jadi, kami buat satu stan ada yang diisi dua orang. Tidak boleh lebih juga, karena takut membingungkan,” kata Umi Noor, Direktur Mediatama Binakreasi di Jakarta.

Banyaknya jumlah peserta yang mengisi stan INACRAFT 2019 tentunya menggiurkan untuk melihat dan membeli barang-barang kerajinannya. Apalagi, Umi mengklaim saat ini INACRAFT menjadi pameran kerajinan terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Kendati demikian, Umi mengakui memang tidak semua orang dapat hadir di pesta kerajinan yang hanya diselenggarakan selama lima hari tersebut. Untuk itu, pihaknya menyediakan jasa titip (jastip) bagi setiap orang yang ingin membeli barang kerajinan di INACRAFT, namun tidak bisa hadir secara langsung di JCC.

“Jadi, jastip ini diperuntukkan bagi orang yang tidak bisa hadir langsung. Misalnya saja ibu-ibu yang tidak ada waktu buat hadir. Mereka bisa menggunakan jastip ini,” ujar Umi.

Para pembeli tidak perlu khawatir dengan adanya jastip ini karena pelaku jastip merupakan orang-orang yang sudah disediakan secara resmi dari pihak penyelenggara. Bahkan, para pelaku jastip merupakan peserta yang pernah ikut andil dalam pameran INACRAFT sehingga sudah mengetahui barang mana saja yang memiliki kualitas terbaik.

“Kita sediakan tiga sampai empat orang jastip, dan mereka semua itu merupakan orang-orang tertentu karena pernah jadi peserta di INACRAFT juga. Pokoknya resmi dari kami,” ujar Umi.

Pemberlakuan jasa titip juga merupakan salah satu cara untuk mencapai target transaksi INACRAFT 2019 sebesar Rp149 miliar. Selain itu, INACRAFT 2019 juga memiliki target kontak dagang sebesar US$13 juta atau sekitar Rp183,6 miliar.