INACRAFT Hadirkan Format Baru Bersama Tokopedia

Wednesday, 10 November 21 Bonita Ningsih

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan PT Mediatama Binakreasi terus berkomitmen mendukung para pengrajin Indonesia agar dapat berkarya. Komitmen tersebut dihadirkan ke dalam program International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) Reborn dengan tagline “From Small Village to Global Market”.

“Kami akan menghadirkan INACRAFT dalam format baruyakni kombinasi antara offline dan online. Hal ini kita lakukan karena sudah dua kali rencana yang kita rancang secara matang harus tertunda akibat pandemi Covid-19,” ungkap Ketua Umum ASEPHI, Muchsin Ridjan.

INACRAFT merupakan salah satu pameran kriya yang menghadirkan produk kerajinan dari dalam maupun luar negeri. Pameran yang sudah digelar selama 22 tahun ini, menjadi ajang interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren produk khususnya industri kerajinan lokal.

Dengan menyesuaikan situasi pandemi saat ini, INACRAFT, akan bertranformasi secara digital sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional ASEPHI pada tahun 2019. Beberapa strategi telah disiapkan di antaranya menghadirkan INACRAFT Go Digital yang dibarengi dengan kolaborasi bersama Tokopedia.

BACA JUGA:   Indonesia Human Capital Summit, Pameran Untuk Maksimalkan SDM BUMN

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang berfungsi sebagai wadah promosi, menambah ilmu, dan membangun networking diantara pelaku usaha kerajinan. Kolaborasi yang dilakukan saat ini adalah dengan melakukan kampanye INACRAFT Digital x Tokopedia Volume 1 yang berlangsung pada tanggal 10-12 November 2021.

“INACRAFT dan Tokopedia memiliki komitmen yang sama yaitu mendorong para UKM di Indonesia khususnya bidang kerajinan tangan untuk lebih maju. Kolaborasi ini akan disiapkan sebanyak empat kali dalam satu tahun,” ujarnya lagi.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah dari Tokopedia, Astri Wahyuni, mengatakan kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi wadah terbaik bagi para UMKM di Indonesia untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Kolaborasi ini juga menjadi momentum dalam memanfaatkan digitalisasi karena saat ini memiliki pertumbuhan yang sangat pesat.

BACA JUGA:   Pameran Produk Ekspor Terbesar di Indonesia Dibuka Jusuf Kalla

“Menjadi kehormatan bagi kami karena telah dipilih sebagai mitra strategis dalam acara ini. Di sini, Tokopedia juga menjadi satu-satunya marketplace di Indonesia yang mendukung acara ini,” kata Astri.

Dalam kolaborasi ini, Astri, mengajak para UMKM di Indonesia untuk membuka toko online di Tokopedia. Melalui toko online tersebut, para UMKM dapat memanfaatkan fitur terbaik dari Tokopedia untuk berjualan dan menangkap berbagai peluang.

Para UMKM lokal yang tergabung ke dalam INACRAFT digital merupakan bagian dari 11 juta penjual yang ada di Tokopedia. Ke depannya, pihaknya berharap agar Tokopedia bisa menjangkau lebih banyak lagi para UMKM untuk bergabung ke dalamnya dan mengembangkan produknya.

BACA JUGA:   Promosi Pariwisata di Festival Pesona Lokal Adira

“Ini merupakan kolaborasi yang sangat kami nantikan. Kami percaya pandemi menjadi momentum bersama untuk bisa bangkit melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ucap Astri lagi.

Peluncuran Platform INACRAFT dan Kampanye INACRAFT Digital x Tokopedia Vol. 1 didukung oleh PT. Bank Negara Indonesia hingga DOKU Indonesia. Masyarakat yang ingin mengikuti kampanye ini dapat mengakses langsung platform Tokopedia dari aplikasi ponsel pintar.