INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan Akan Hadirkan 5.000 Wisman

Thursday, 27 June 19 Bonita Ningsih
INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan

Event olahraga INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan kembali akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2019. Kompetisi triathlon jarak jauh ini merupakan acara kelima yang digelar di Indonesia. Tahun ini, kompetisi ini diselenggarakan di Plaza Lagoi yang merupakan pusat pengembangan pariwisata kota Bintan.

Pihak penyelenggara, MetaSport, membuka pendaftaran bagi para triatlet amatir untuk mengikuti INDOFOOD IRONMAN 70.3. Arti angka 70.3 merupakan total jarak yang dilombakan dalam kompetisi ini, yakni 70,3 mil atau 113 km. Peserta ditantang untuk menyelesaikan renang sepanjang 1,3 km, bersepeda 90 km, dan berlari 21,1 km.

Nathalie Marquet, CEO MetaSport, menjelaskan, akan ada beberapa aturan yang berubah saat menjalankan kompetisi triathlon ini. Perubahan pertama adalah start untuk berenang akan dibuat secara bergiliran. Para triatlet akan dibagi ke dalam sebuah grup, yang masing-masing berisikan empat orang. Perubahan ini menggantikan start berbarengan yang dilakukan pada tahun sebelumnya.

BACA JUGA:   Event Momversity Bantu Wujudkan Pola Asuh Anak Positif

“Setiap peserta akan berenang secara bergantian dan akan dilepas setiap enam detik di start,” kata Nathalie.

Selain mengalami perubahan, di tahun ini panitia penyelenggara akan menambahkan spot rain shower di sana. Pihak panitia akan menyediakan sejumlah titik untuk menyemprotkan air di jalur lomba untuk menyegarkan peserta yang mengikuti lomba.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Nathalie menargetkan akan menghadirkan sedikitnya 1.200 peserta dari dalam dan luar negeri. Tidak ada hadiah berupa uang, namun pemenang akan mendapatkan slot di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru, pada 2020 mendatang. Akan ada penambahan slot yang sebelumnya hanya 30 slot, tahun ini menjadi 60 slot.

Wan Rudy Iskandar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, mengungkapkan, acara ini menjadi event terbesar yang diselenggarakan di Bintan. Bahkan, Kementerian Pariwisata menjadikan INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan sebagai Most Valuable Tourism Events di Indonesia.

BACA JUGA:   Banyuwangi Gandeng LOKET untuk Menjadi Destinasi Wisata Olahraga Terfavorit

Event ini harus kita dukung karena setiap negara yang melaksanakan event ini akan mendapat dukungan dari IRONMAN internasional di seluruh dunia. Sudah ada kira-kira 52 juta orang yang tergabung di dalamnya,” ujar Wan Rudy.

Keuntungan lainnya ialah meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Bintan. Wan menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya sekadar melakukan lomba, tetapi juga ada wisata keluarga di dalamnya.

“Misal peserta yang mendaftar ada 1.200 orang, bisa dikalikan empat orang karena mereka juga mengajak keluarganya buat datang ke Bintan. Jadi, bisa sampai 5.000 orang yang hadir di sana,” kata Wan.

Wan menjabarkan, peserta yang mendaftar 90 persen berasal dari luar negeri dan sisanya berasal dari Indonesia. Kurang lebih ada 55 negara yang akan mengikuti event INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan.

BACA JUGA:   JSI Resort Megamendung Gelar Wedding Open House

“Paling banyak itu pesertanya dari negara Malaysia, Filipina, Singapura, Cina, dan Jepang. Beberapa negara di Eropa juga ada yang ikut andil dalam event ini,” ujar Wan.

Selain pemerintah daerah, acara ini juga didukung oleh pemerintah pusat dalam, hal ini Kementerian Pariwisata, dan sponsor utama Indofood. Stefanus Indrayana, Head of Corporate Communications PT Indofood, mengatakan, dukungannya ini dilakukan untuk mendukung Bintan sebagai destinasi sport tourism. Berbagai dukungan juga dilakukan Indofood dalam dunia olahraga, seperti sepak bola, lari, hingga bulutangkis.

“Cara ini juga sebagai bentuk komitmen kami mendukung satu gerakan yang dibuat pemerintah, yakni gerakan masyarakat hidup sehat. Sehat tidak hanya dari pangan, tetapi bisa juga dari olahraga,” ujar Stefanus.

Registrasi pendaftaran bisa dilihat melalui website www.ironmanbintan.com. Pendaftaran dibuka untuk umum dan setiap peserta wajib mempersiapkan fisiknya sebelum mengikuti kompetisi ini.