Indonesia Bird Con 2019, Pameran Burung Pertama di Indonesia

Monday, 14 January 19   72 Views   0 Comments   Herry Drajat
Indonesia Bird Con 2019

PT Dyandra Promosindo bekerja sama dengan Finchers Yogyakarta (pencinta burung Finch) akan segera menyelenggarakan Indonesia Bird Con 2019 (IBC 2019) pada 1-3 Maret 2019 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Pameran bertajuk “The First Bird Show in Indonesia” ini bertujuan untuk mewadahi para produsen, distributor, peternak, dan juga penghobi burung kicau dan beauty se-Indonesia.

Indonesia Bird Con 2019 tidak hanya akan menjadi ajang pameran, tetapi juga akan memberikan unsur  investasi dan informasi bagi para pencinta burung sekaligus memberikan edukasi terhadap pengunjung yang awam terhadap industri tersebut. Hal itu sesuai dengan lima unsur cakupan kegiatan yang ditetapkan, yaitu Edukasi, Rekreasi, Ekshibisi, Investasi, dan Advokasi. Diharapkan IBC 2019 akan menjadi wadah untuk bertukar informasi yang efektif bagi pencinta burung di Indonesia serta industri pendukungnya.

Pameran yang akan berlangsung selama tiga hari ini diperkirakan akan dihadiri 30.000 pengunjung dan diharapkan terjadi transaksi sebesar Rp13,5 miliar. Penyelenggaraan pameran juga didukung oleh beberapa komunitas pencinta burung, seperti Kopata (Komunitas Parkit Yogyakarta), KLI (Komunitas  Love Bird Indonesia), Indonesia Finch, Rajawali Indonesia, dan juga JFF (Jogja Free Fly).

Dalam rangkaian pameran juga akan diadakan talk show mengenai burung peliharaan yang sedang populer yang akan menghadirkan pakar burung budgie dari Chile, Bob Wilson, dan pakar burung finch  dari Belanda, yakni Bill Salomon dengan bahasan mengenai aplikasi perawatan dan budi daya ternak secara unggul dan efektif. Terdapat juga talk show dengan materi informasi terhadap perundangan-undangan perizinan terhadap penangkaran dan peternakan tentang jenis burung tertentu yang akan disampaikan secara detail kepada pengunjung.

Untuk pencinta burung akan diadakan kompetisi dengan beberapa kategori, di antaranya Beauty Class, Singer Class, dan Free Fly class yang dilaksanakan setiap hari, sementara untuk pengunjung awam akan diberikan program-program menarik seperti undian berhadiah dari tiket masuk, lelang burung, dan juga pameran foto yang menyuguhkan foto-foto terbaik di dunia burung. Juga terdapat historical exhibition  yang berfungsi sebagai informasi mengenai perkembangan dan sejarah dunia perburungan hingga sangat diminati sampai saat ini.

Indonesia Bird Con 2019 diharapkan nantinya menjadi sebuah destinasi wisata yang akan melengkapi destinasi lainnya yang sudah ada di DIY sehingga mempunyai peran meningkatkan jumlah wisatawan ke Yogyakarta.