Lelang Burung di Indonesia Bird Con 2019

Monday, 18 February 19 Herry Drajat
Indonesia Bird Con 2019

Dyandra Promosindo bersiap untuk menyelenggarakan pameran burung yang pertama kalinya di Indonesia, yakni Indonesia Bird Con. Perhelatan perdana ini akan berlangsung pada 1-3 Maret 2019 di Jogja Expo Center (JEC).

Salah satu kegiatan utama yang akan mendapatkan antusiasme masyarakat pada pameran Indonesia Bird Con adalah Kontes Burung. Kontes ini terselenggara berkat dukungan dari beberapa komunitas pencinta burung, seperti Kopata (Komunitas Parkit Yogyakarta), KLI (Komunitas Love Bird Indonesia), Indonesia Finch, Rajawali Indonesia, dan juga JFF (Jogja Free Fly). Kontes ini dibagi menjadi tig kelas, yaitu Beauty Class, Singer Class, dan Free Fly Class.

Pada konferensi pers yang dilaksanakan di Bilik Cendana Room, Bilik Kayu Heritage Restaurant, Umbulharjo Jogjakarta, 14 Februari 2019, terungkap jumlah pendaftar untuk mengikuti Kontes Burung telah mencapai 3.000 orang.

BACA JUGA:   Meningkatkan Daya Tarik Bali Melalui Festival Nusa Dua Fiesta 2015

Selain itu, pada pameran ini juga ditampilkan program Bird Raffle dan Lelang Burung yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bird Raffle adalah berupa undian untuk memperoleh kesempatan membeli burung favorit dengan harga kisaran Rp5.000 dalam jumlah terbatas.

Untuk menjadi peserta Lelang Burung, pengunjung harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada tanggal 14-25 Februari 2019, sementara untuk peserta penawar lelang bisa mendaftar pada saat pameran, tepatnya dua jam sebelum lelang berlangsung. Pada kegiatan yang tidak dikenakan biaya pendaftaran ini, peserta lelang dapat melelang burungnya mulai dari harga Rp50.000 hingga penawaran akhir selama penyelenggaraan.

Selain program-program tersebut, Indonesia Bird Con 2019 akan menyediakan experience area yang akan membawakan pengalaman langsung untuk menyaksikan serta berinteraksi dengan ratusan burung yang ada pada area Bird Zone. Pada program Photography Exhibition akan disuguhkan hasil karya foto terbaik dari dunia burung di Indonesia atau mancanegara.

BACA JUGA:   Festival 3 Gunung Lembata Giring Turis Dari Bali

Program edukasi yang dihadirkan pada Indonesia Bird Con 2019 adalah seminar dan sharing session yang akan dibawakan oleh para tokoh di dunia burung, asosiasi, dan industri terkait. Topik yang akan diangkat di antaranya adalah tentang peraturan dan regulasi Undang-Undang (UU) konservasi sumber daya alam yang akan dipaparkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta;  informasi mengenai kesehatan burung yang akan diberikan secara menyeluruh oleh rekan-rekan dari Kedokteran Hewan UGM; kiat sukses merawat burung budgie; pengenalan perilaku burung; perawatan Love Bird, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:   Video: Indofest 2017 Resmi Dibuka

“Rangkaian program acara yang kami tengah persiapkan di Indonesia Bird Con 2019 adalah bentuk dukungan kami kepada industri dan pencinta burung, serta menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi pengunjung,” ujar Tofani Lazuardi, Branch Manager PT Dyandra Promosindo.

Pada penyelenggaraan ini, Indonesia Bird Con menyediakan tiket presale dengan harga khusus senilai Rp10.000 untuk satu kali masuk, yang dijual mulai tanggal 14-26 Februari 2019 melalui aplikasi Go-Tix, atau melalui loket pada saat pameran berlangsung.