Indonesia Creative Week 2017 Majukan Industri Kreatif Indonesia

Thursday, 16 November 17 Ahmad Baihaki
Indonesia Creative Week 2017
Foto: Venuemagz/Ahmad

Brightcommunication kembali akan menyelenggarakan Indonesia Creative Week 2017 yang kelima kalinya dengan mengusung tema #satuindonesia pada 23-26 November di Lippo Mall Kemang, Jakarta. Indonesia Creative Week 2017 memberikan ruang untuk anak muda Indonesia menunjukkan karyanya untuk bersatu dalam warna, keragaman, dan rasa yang menghadirkan parade dan exclusive show dengan total 20 desainer muda kreatif yang akan tampil.

Faizullah Sofyan, Creative Director Indonesia Creative Week 2017, mengatakan, Indonesia Creative Week akan terus berupaya mengembangkan talenta muda Indonesia agar bisa berdaya saing di segala aspek industri kreatif, serta dapat membantu pemerintah untuk membangun pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih kuat.

Ia mengungkapkan, generasi millennial di Indonesia kini semakin antusias dalam mengembangkan bisnis kreatif. Mereka memiliki ide kreatif dan memiliki hobi atau pun passion membangun bisnis di industri kreatif, dan itu sudah mulai berkembang apabila dilihat dari tahun 2012 lalu.

“Tujuan utama diadakan acara ini tentunya para talenta kreatif muda bisa lebih mengembangkan karya-karya kreatifnya dan bisa menjadi entrepreneur muda di industri kreatif tentunya. Diharapkan dengan adanya talk show atau pun kompetisi bisa mencetak entrepreneur kreatif Indonesia di ICW 2017,” ujar Faizullah.

Pada tahun ini, Indonesia Creative Week 2017 tidak hanya menghadirkan kerajinan, tetapi juga memperluas ke bidang kreatif lainnya, seperti fashion, kecantikan, barbershop, make up artist, otomotif, perhiasan, hingga musik.

“Di ajang Indonesia Creative Week 2017, para pengunjung bisa secara langsung melihat hasil karya dari desainernya. Bisa juga menjadi alternatif buat berbelanja atau liburan akhir pekan karena akan ada pameran. Acara ini gratis bagi semuanya. Para pengunjung juga bisa datang ke area food fest untuk mencicipi masakan nusantara”, ujar Faizullah.

Indonesia Creative Week 2017 juga mendapat dukungan dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) yang diharapkan bisa meningkatkan kreativitas desainer muda dan talenta di dunia mode Indonesia.

Lenny Agustin, Vice Chairman MarComm Public Relation Indonesia Fashion Chamber, mengatakan, IFC merupakan salah satu asosiasi desainer di Indonesia yang mendukung Indonesia Creative Week 2017 dengan menghadirkan 18 desainer yang mempersembahkan tren parade 2018.

“Kolaborasi IFC dengan ICW 2017 ini baru pertama kalinya. Semoga kerja sama ini terus dilakukan setiap tahunnya. Ketertarikan pada ICW dari chapter IFC Jakarta karena keduanya sama-sama mempunyai visi membangun industri kreatif,” kata Lenny.

Kata Lenny, diharapkan ke depan semoga Indonesia Creative Week semakin melebarkan sayapnya dengan memberikan ruang yang lebih megah dan memberikan kesempatan banyak untuk desainer anggota Indonesia Fashion Chamber untuk menunjukkan karya-karya dan memajukan industri kreatif secara bersama-sama.

Perhelatan Indonesia Creative Week 2017 menempati lahan 800 meter persegi dan akan diikuti 80 brand lokal. Panitia menargetkan acara ini akan dikunjungi 2.800 orang serta menghasilkan transaksi hingga Rp600 juta.