Ini Alasan Penyelenggara Gelar MUFFEST di Bandung

Wednesday, 05 May 21 Bonita Ningsih
muffest bandung

Perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) di Bandung telah resmi digelar pada 26 April hingga 9 Mei 2021. Meskipun perdana digelar di kota tersebut, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara optimistis MUFFEST Bandung dapat sukses dan memperoleh transaksi memuaskan.

Taruna K. Kusmayadi, Advisory Board IFC, mengatakan bahwa pemilihan Bandung sebagai kota penyelenggaraan MUFFEST kelima bukan tanpa alasan. Pihaknya menilai bahwa Bandung tidak hanya sebagai salah satu pusat fesyen muslim di Indonesia, tetapi juga Asia.

“Alasan tersebut yang meyakinkan kami untuk menggelar MUFFEST 2021 di Bandung, Jawa Barat. Meskipun menjadi kota kelima penyelenggaraan MUFFEST, kami harap Bandung dapat mencatat hasil yang positif sama seperti kota-kota lainnya,” jelas Taruna.

BACA JUGA:   Astindo Travel Fair 2020 Tak Lagi Diadakan di Empat Kota

Dedi Taufik, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, menambahkan bahwa busana muslim merupakan salah satu industri fesyen yang sudah terkenal di Jawa Barat. Bahkan, subsektor fesyen di Jawa Barat telah memberikan kontribusi besar terhadap PDB ekonomi kreatif Provinsi Jawa Barat, yaitu sebesar 34,70 persen dengan jumlah 267.279 usaha.

Jumlah tersebut akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri busana muslim di Indonesia. Oleh karenanya, Dedi menyambut baik kegiatan MUFFEST 2021 sebagai langkah positif untuk mendukung peningkatan industri fesyen kota Bandung dan mendukung pemulihan perekonomian nasional.

BACA JUGA:   MUFFEST 2021 di Yogyakarta Hadirkan Beragam Acara

“Kegiatan MUFFEST akan menjadi sebuah terobosan dan inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan industri busana muslim di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Dengan memaksimalkan semua potensi dan kekayaan budaya yang dimiliki, kami yakin dapat bersaing di pasar internasional,” ucap Dedi.

Kehadiran MUFFEST Bandung juga disambut positif oleh para desainer, pelaku usaha, hingga konsumen fesyen muslim di seluruh tanah air. Heni Haerani, Principle Islamic Fashion Institute (IFI), mengungkapkan, pemilihan kota Bandung dinilai tepat mengingat pasar baju muslim di daerah sini cukup besar. Apalagi, sudah banyak desainer muda dari Bandung yang mampu menghasilkan karya terbaiknya, termasuk lulusan dari IFI.

“Kami berharap dengan mengikuti MUFFEST, hasil karya lulusan IFI bisa lebih dikenal masyarakat luas. Tidak hanya diterima di Indonesia, tetapi juga karyanya dapat diterima di dunia internasional,” ungkap Heni.

BACA JUGA:   MUFFEST Bantu Indonesia Menjadi Pusat Mode Muslim Dunia

MUFFEST Bandung 2021 dapat disaksikan secara hybrid. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung dapat mengunjungi 23 Paskal Shopping Center Bandung, sedangkan untuk virtual dapat diakses melalui www.muslimfashionfestival.com, akun YouTube Muslim Fashion Festival, dan instagram live di @muslimfashionfestival.