Indonesia EBTKE ConEx 2023 Buka Peluang Investasi di Sektor Energi Terbarukan

Wednesday, 05 July 23 Bonita Ningsih

Indonesia EBTKE ConEx 2023 yang ke-11 akan segera hadir di ICE BSD Tangerang pada tanggal 12-14 Juli 2023 di ICE BSD, Tangerang. Acara persembahan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan Dyandra Promosindo ini dijadikan wadah pertemuan bagi pemangku kepentingan sektor energi terbarukan untuk mendorong pencapaian penurunan emisi 31 persen pada tahun 2030.

“METI siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan penurunan emisi 31 persen pada 2030. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang kuat dan komitmen yang tegas, Indonesia dapat mencapai transformasi energi yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata dalam upaya global dalam mengatasi perubahan iklim,” ujar Ketua Umum METI, Wiluyo Kusdwiharto, dalam konferensi pers di Jakarta pada 5 Juli 2023. 

Hadir dalam bentuk konferensi dan pameran, Indonesia EBTKE ConEx 2023, memberikan kesempatan bagi pemerintah, perusahaan energi, akademisi, dan masyarakat untuk berdiskusi di dalamnya. Misalnya saja terkait tantangan dan peluang dalam memanfaatkan sumber daya terbarukan guna memenuhi kebutuhan energi sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan. 

BACA JUGA:   Lebih dari 30 Program Pendukung Hadir di IIMS 2024

“Seperti yang kita ketahui, pemerintah telah mencanangkan Indonesia menjadi net zero emission countries pada tahun 2060 mendatang. Oleh karenanya, acara ini hadir untuk mendorong itu semua,” ungkap Ketua Steering Committee Indonesia EBTKE ConEx 2023, Eka Satria. 

Menurut Eka, Indonesia EBTKE ConEx 2023, menjadi sangat penting untuk diselenggarakan karena dapat mendukung transisi menuju energi bersih. Pasalnya, acara ini memberikan banyak edukasi kepada masyarakat dan sektor industri mengenai manfaat serta potensi energi terbarukan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengatasi perubahan iklim.

BACA JUGA:   Indocomtech 2023 Bantu Terciptanya SDM Unggul Melek Teknologi

Melalui pameran Indonesia EBTKE ConEx 2023, pemangku kepentingan seperti pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat dapat berinteraksi, berbagi pengetahuan, hingga membangun kemitraan strategis di dalamnya. Menurutnya, kolaborasi lintas sektor ini dapat memperkuat upaya bersama dalam menghadapi tantangan energi terbarukan dan menciptakan solusi yang berkelanjutan.

“Masyarakat umum dapat lebih dalam mempelajari terkait energi terbarukan dan dampaknya bagi keberlanjutan lingkungan melalui pameran ini. Dengan demikian, tingkat pemahaman mereka tentang energi terbarukan akan lebih dalam lagi sehingga dapat terjadi perubahan perilaku dalam memanfaatkan energi secara efisien dan berkelanjutan,” jelas Eka. 

Lebih dari itu, pameran ini juga dapat menjalin sebuah hubungan bisnis dan membuka peluang investasi di sektor energi terbarukan Indonesia. Pasalnya, pameran ini memberikan kesempatan bagi pelaku industri energi terbarukan, investor, dan pemangku kepentingan lainnya untuk saling bertemu dan diskusi dalam satu wadah. 

BACA JUGA:   Pameran PEVS 2024 Hadir Lebih Lama dan Besar

“Dengan demikian, hal ini mampu mendorong meningkatkan investasi dalam pengembangan infrastruktur energi terbarukan dan mempercepat pertumbuhan industri tersebut,” dia menambahkan.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi Indonesia EBTKE ConEx 2023 dapat melakukan registrasi secara gratis melalui laman website www.indoebtkeconex.com. Informasi lebih lanjut terkait acara ini dapat langsung mengunjungi Instagram Indonesia EBTKE ConEx 2023 di @ebtkeconexid.