Indonesia EBTKE ConEx 2023 Dukung Target Nol Emisi Karbon

Tuesday, 09 May 23 Bonita Ningsih

Indonesia EBTKE Conference and Exhibition akan segera hadir untuk ke-11 kalinya di ICE BSD Tangerang pada 12-14 Juli 2023. Untuk mengawali acara ini, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) mengadakan Launching The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition 2023 di Auditorium EBTKE, Jakarta Pusat pada 9 Mei 2023.

Acara ini dijadikan referensi bagi industri tentang pentingnya transisi energi dan pemanfaatan energi berkelanjutan demi masa depan. Dengan menghadirkan rangkaian kegiatan di dalamnya, acara ini dijadikan wadah untuk mengadvokasi adopsi berkelanjutan energi hingga akhirnya mencapai bauran energi yang ditargetkan 23 persen pada 2025 mendatang.

Ketua Steering Committee Indonesia EBTKE ConEx 2023, Eka Satria, mengatakan bahwa penyelenggaraan tahun ini mengusung tema ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emissions 2060’. Dengan harapan agar penyelenggaraan Indonesia EBTKE ConEx 2023 dapat menghasilkan diskusi serta hasil yang baik dan bisa mengubah komitmen menjadi aksi.

Terdapat beberapa program yang akan dihadirkan dalam The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 yaitu konferens, special sessions, training, podcast, business matching dan business presentation, focus group discussion, showcase corner, green job fair, greentech/cleantech startups. Ada juga pameran tentang teknologi, kebijakan, dan praktik-praktik solusi terkait energi bersih berkelanjutan.

BACA JUGA:   BRI Mandeh Run 2019 Bawa Lari Kawasan Wisata Mandeh

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Dadan Kusdiana, mengatakan bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih menjaga komitmennya untuk menjalankan transisi energi. Tak hanya itu, pemerintah juga terus mengoptimalkan pemanfaatan sumber energi baru dan energi terbarukan di tanah air.

Pemerintah juga terus berupaya untuk menghentikan operasi PLTU lebih dini, mengembangkan utilitas tenaga surya, panas bumi, maupun tenaga dari energi terbarukan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencapai target nol emisi karbon (net zero emission) pada 2060 mendatang.

Dengan adanya komitmen tersebut, pemerintah akan mendukung penuh acara ini dan berharap Indonesia EBTKE ConEx dapat menjadi tempat bertemunya seluruh pemangku kepentingan yang terkait di dalamnya. Diharapkan juga nantinya para pemangku kepentingan tersebut dapat memberikan dukungan agar transisi energi dapat berjalan sesuai jalurnya. 

BACA JUGA:   Pekan Raya Indonesia 2018 Hadirkan Coffee Area, Inspirasi Bisnis Para Penikmat Kopi

“Semoga kegiatan ini juga berjalan dengan sukses dan tidak hanya menjadi puncak acara namun juga dapat menjadi puncak semua komitmen yang telah kita paparkan,” ujar Dadan.

Lebih dari itu Eka menambahkan bahwa The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 merupakan bagian dari Acara Nasional Tahunan The 1st Indonesia Clean Energy Week (ICEW). Acara ini diharapkan dapat memberikan banyak informasi kepada masyarakat global terkait komitmen dan upaya-upaya Indonesia dalam mengembangkan dan memanfaatkan energi bersih berkelanjutan. 

“Indonesia memiliki potensi yang besar untuk melakukan ini semua, oleh karenanya, kami mengajak semua orang untuk menyukseskan acara ini. Apalagi, acara ini akan menjadi ajang pembuka dari semua acara yang berkaitan dengan EBTKE,” ucap Eka.

Kegiatan ICEW adalah kegiatan bersama antara METI dan Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) yang dilaksanakan secara paralel sebagai dua acara berbeda namun saling melengkapi. Acara pertama adalah The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 membahas aspek-aspek penting dan strategis tentang kegiatan produksi/pasokan (supply).

BACA JUGA:   Halal Expo Indonesia Bantu Pemerintah Capai 1 Juta Sertifikasi Halal

Kedua adalah The 4th Indonesian Energy Efficiency and Conservation Conference and Exhibition (IEECCE) yang akan membahas aspek-aspek penting dan strategis tentang pemanfaatan energi bersih (demand) di Indonesia. Tak hanya itu acara ini juga dapat melihat dalam perspektif global secara utuh dan berkesinambungan.

Ketua I METI, Bobby Gafur Umar, berharap melalui acara tersebut impian Indonesia menuju emisi net zero dapat segera terlaksana pada tahun 2060 atau lebih cepat. Selain itu, diharapkan juga dapat menarik minat investor nasional maupun internasional untuk menanamkan modal di Indonesia dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

EBTKE ConEX 2023 direncanakan akan diikuti oleh 79 peserta yang berasal dari industri terkait. Selain tatap muka, acara ini juga dapat disaksikan secara virtual melalui streaming platform instagram, YouTube, hingga Spotify.