PEVS 2023 Hadirkan Program Baru Business to Government

Monday, 08 May 23 Bonita Ningsih

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) bersama dengan Dyandra Promosindo kembali menyelenggarakan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS). Memasuki tahun kedua, pameran kendaraan listrik ini akan diselenggarakan pada tanggal 17–21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

PEVS 2023 akan diikuti brand roda empat yaitu BMW, DFSK, KEVCBU, MAB, MG, Prestige, serta Wuling. Lalu, kategori roda dua ada Bene E-Bike, Benelli, Davigo, Gesits, Kymco Ionex, Rakata, Saige, Selis, Smart by.

Sedangkan untuk kategori industri pendukung lainnya dimeriahkan oleh ABC Lithium, Birubatt, FAST, Gramedia, Honda E-Power, Motoriz, Musashi, Proteksindo, Tanva New Energy, Tianneng Battery, Venom, Voltron, Von Dutch, Wanhu Mechanical and Electrical Products.

Dengan demikian, kehadiran PEVS bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat secara langsung berbagai fitur dan keunggulan kendaraan listrik yang berpartisipasi di dalamnya. Apalagi, saat ini antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik cukup tinggi mengingat adanya subsidi yang diberikan pemerintah untuk mendukung percepatan konsumsi kendaraan listrik tanah air.

BACA JUGA:   Resmi Digelar, DXI Dijadikan Langkah Kolaboratif Untuk Perkuat Wisata Bahari di Indonesia

“Berbicara tentang kendaraan listrik maka berkaitan dengan banyak ekosistem baik dari swasta hingga pemerintah untuk membantu kesuksesan kendaraan listrik tanah air. PERIKLINDO hadir untuk menjaga dan meningkatkan antusiasme masyarakat serta produsen kendaraan listrik tanah air untuk dapat bergerak secara simultan terhadap percepatan konsumsi kendaraan listrik,” ungkap Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, mengatakan bahwa PEVS merupakan salah satu bentuk dukungannya terhadap upaya pemerintah dalam menggencarkan industri kendaraan listrik secara masif. Melalui kerja sama strategis dengan seluruh elemen kendaraan listrik tanah air, PEVS, juga akan menghadirkan pilihan kendaraan listrik ramah lingkungan dengan ragam yang lebih variatif.

Selain fokus berpameran, PEVS 2023, juga akan menghadirkan serangkaian program terbaru  mulai dari B2C, B2B, seminar talkshow, hingga B2G (Business to Government). Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan PEVS tidak hanya sekadar pameran tetapi juga menjadi wadah untuk membangun dan membina industri kendaraan listrik. 

BACA JUGA:   Food & Hotel Indonesia 2023 Hadirkan 750 Perusahaan Lokal dan Mancanegara 

“Kami berharap PEVS 2023 dapat dimaksimalkan oleh seluruh peserta sebagai ajang promosi dan pengenalan produk, edukasi, serta dapat menjadi ruang temu bisnis bagi para pelaku industri kendaraan listrik untuk saling erat mengawal perkembangan industri kendaraan listrik,” ujar Daswar.

B2G telah menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan PEVS 2023 karena dapat mempertemukan pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah. Program ini dihadirkan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasional seperti yang diinstruksikan Presiden RI, Joko Widodo, dalam INPRES No.7 Tahun 2022

Inpres tersebut berisikan tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Oleh sebabnya, PEVS hadir untuk menjembatani kebutuhan pemerintah, masyarakat, hingga pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan kendaraan listrik.

BACA JUGA:   #DiIndonesiaAja Travel Fair Tawarkan Paket Wisata Khusus Domestik

Project Manager PEVS 2023, Rudi MF, mengatakan bahwa program baru tersebut telah mendapatkan respon positif dari para peserta dan stakeholders terkait. Oleh sebabnya ia berharap PEVS 2023 dapat mempercepat industri kendaraan kendaraan listrik tanah air demi mencapai target Net Zero Emission 2060.

“Selain dukungan dari para peserta, kami mendapat dukungan dari pemerintah antara lain dari Ketua APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor Bima Arya serta Kepala Biro LPPBMN Kementerian Perhubungan RI Hengki Angkasawan, yang juga akan hadir dalam acara B2G di PEVS 2023,” ucap Rudi.