Industri Pameran di Eropa Bergeliat Kembali

Tuesday, 23 June 20 Herry Drajat
Messe Berlin

Setelah terhenti akibat pandemi COVID-19, beberapa negara di Eropa memberikan izin pada pelaku industri pameran untuk memulai kembali kegiatan pameran pada September 2020. Tentunya penyelenggaraan event tersebut dengan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh masing-masing negara secara ketat.

Salah satu negara yang baru-baru ini mengizinkan penyelenggaraan event adalah Swiss. Negara tersebut mengizinkan penyelenggaraan event dengan peserta berjumlah lebih dari 1.000 orang mulai 1 September 2020. Izin tersebut tercantum pada rilis yang dikeluarkan oleh Federal Office of Public Health (FOPH) pada 22 Juni 2020.

Salah satu persyaratan spesifik yang harus dijalankan pada penyelenggaraan acara besar tersebut adalah penerapan tracking dan tracing pada semua peserta harus dapat dilaksanakan segera dan setiap saat. Syarat lainnya adalah tidak ada lonjakan penularan wabah COVID-19 di negara tersebut. 

Sementara di Jerman, di negara bagian Lower Saxony di mana venue terbesar di Jerman berada, yaitu Deutsche Messe, telah menetapkan 31 Agustus 2020 sebagai tanggal pembukaan kembali penyelenggaraan trade fair. Langkah tersebut dilakukan setelah dilakukannya pemisahan pameran dagang dari jenis pertemuan massa lainnya yang diumumkan pada bulan lalu.

Berikutnya adalah Prancis yang telah mengumumkan bahwa trade fair dan pameran lainnya dijadwalkan pada 1 September 2020 dapat dimulai lagi. Keputusan tersebut mengacu pada perkembangan pandemi COVID-19.