Strategi Rebound-Reboot-Reborn di Indonesia Brand Forum 2020

Thursday, 25 June 20 Herry Drajat
Indonesia Brand Forum 2020

Pandemi COVID-19 telah mengubah wajah dunia. Semua sektor industri terdampak oleh pandemi ini. Banyak industri mulai berguguran, tetapi di sisi lain ada pula industri yang justru menggeliat, memanfaatkan momentum pandemi untuk tumbuh.

Di era new normal ini, lanskap bisnisnya sama sekali berbeda. Perbedaan ini terjadi karena perilaku konsumen berubah secara ekstrem serta tuntutan protokol kesehatan yang ketat.

Di tengah situasi demikian, kalangan perusahaan harus bertindak strategis. Mereka dipaksa untuk survival, melakukan recovery, dan akhirnya menciptakan momentum growth kembali. Salah satu yang dikaji adalah melihat kembali satu kekuatan asetnya, yakni brand.

Menurut Yuswohady, pengamat pemasaran dari Inventure, untuk sukses mengarungi new normal, ada tiga langkah strategis yang harus dilakukan perusahaan, yakni Rebound atau bangkit, Reboot yaitu merombak total DNA dan model bisnis, serta terlahir kembali atau Reborn.

Untuk membedah lebih lengkap ketiga langkah strategis di atas, Inventure akan menggelar Indonesia Brand Forum (IBF) 2020 pada 30 Juni sampai 2 Juli 2020. Indonesia Brand Forum merupakan sebuah ajang bertemunya para pemilik brand untuk saling berbagi best practices di industrinya masing-masing, sekaligus juga mendengarkan paparan para ahli serta pengamat dunia pemasaran mengenai tren-tren bisnis dan pemasaran yang wajib dicermati.

“Tahun ini karena semua sedang fokus ke pandemi maka kami ambil tema ‘Rebuilding Brand In The Age of Pandemic’,” ujar Yuswohady, Chairman Indonesia Brand Forum 2020.

Berbeda dengan perhelatan di tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Brand Forum tahun keempat ini akan digelar secara virtual, dan akan dibuka oleh Arief Yahya, mantan Menteri Pariwisata, yang akan bertindak sebagai keynote speaker.

“Setiap hari akan digelar 11 sesi, dan setiap sesi terdiri dari dua tema besar, yakni tema pertama mengangkat topik mengenai branding, mulai dari personal branding, rebuild branding, B2B branding, dan city branding. Sedangkan tema yang kedua adalah mengenai industry come back,” ujar Yuswohady.

IBF 2020 akan menghadirkan 36 pembicara yang datang dari beragam industri, sebagian besar dari mereka adalah pemimpin perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

“IBF 2020 akan menjadi panduan bagi brand dalam melakukan Rebound-Reboot-Reborn agar sukses di kenormalan baru. Ini merupakan branding conference paling komprehensif di masa pandemi yang membahas 40 lebih branding topics dan industry comeback di era new normal,” ujar Yuswohady.