Jakarta Fair 2023 Raih Transaksi Rp7,3 Triliun

Tuesday, 18 July 23 Bonita Ningsih

Perhelatan akbar Jakarta Fair Kemayoran 2023 resmi ditutup di panggung utama arena Jakarta International Expo (JIExpo) pada tanggal 16 Juli 2023. Hadir selama 33 hari, pameran multiproduk terbesar, terlama, dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara ini mencatatkan hasil yang positif dari segi pengunjung dan juga jumlah transaksi.

Direktur Komersial PT. JIExpo, Karuna Murdaya, mengaku bersyukur atas pencapaian Jakarta Fair tahun ini karena telah terselenggara dengan baik. Meskipun hanya digelar 33 hari atau kurang 6 hari dari tahun lalu, Jakarta Fair 2023, mampu mengumpulkan transaksi dan pengunjung yang banyak juga.

BACA JUGA:   Musisi Papan Atas Indonesia Siap Tampil di IIMS Infinite Live 2023

Karuna menjelaskan, total pengunjung Jakarta Fair tahun ini mencapai angka 6,3 juta orang. Sedangkan, untuk total nilai transaksi yang tercipta selama gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2023 mencapai Rp7,3 triliun.

“Target kami saat ini bukan hanya semata-mata mengenai kuantitas jumlah pengunjung ataupun total nilai transaksi yang dibukukan, namun Jakarta International Expo selaku pihak penyelenggara berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas event, sarana dan prasarana, demi kenyamanan,” ungkap Karuna.

Hasil positif tersebut juga didapatkan atas kerja sama yang baik antara pihak Jakarta Fair dengan peserta pameran. Pada tahun ini, terdapat 2.500 tenant yang mengikuti pameran ini dengan 1.600 booth di dalamnya.

BACA JUGA:   Rp1 Miliar Dari Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016

Dari jumlah tersebut, 40 persen di antaranya merupakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain membantu ekonomi lokal, kehadiran UMKM juga berperan aktif dalam menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

“Hal ini membuktikan bahwa Jakarta Fair Kemayoran menjadi penggerak kebangkitan ekonomi nasional terutama dari sektor UMKM dan berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ucapnya.

Dengan demikian, Jakarta Fair Kemayoran dijadikan sebuah wadah kreatifitas untuk produk-produk Indonesia karya anak bangsa. Pameran ini juga menjadi pemantik bangkitnya perekonomian Indonesia demi terwujudnya Indonesia jaya dan rakyat sejahtera, sesuai dengan tema yang diusung tahun ini.

BACA JUGA:   Trunk Show hingga Pertunjukan Musik Tradisional Hadir di INACRAFT 2024

“Acara ini juga memberikan pengalaman maupun momen spesial untuk para peserta dan seluruh pengunjung selama pagelaran event Jakarta Fair Kemayoran 2023 ini,” tutupnya.